Tampilkan di aplikasi

Dampak Gojek terhadap perekonomian Indonesia

Majalah Infokomputer - Edisi 04/2019
10 April 2019

Majalah Infokomputer - Edisi 04/2019

Berdasarkan riset, setelah bergabung menjadi mitra Gojek, para responden mengalami peningkatan penghasilan lebih tinggi dari rata-rata UMK.

Infokomputer
Berawal dari penyedia layanan ride-hailing, Gojek secara cepat bertransformasi menjadi platform yang juga menyediakan layanan lainnya seperti pemesanan makanan, pengiriman barang, hingga pembelian pulsa dan tiket. Tidak hanya berhasil menghadirkan platfom yang memudahkan aktivitas masyarakat Indonesia, kehadiran Gojek juga nyatanya memberikan dampak yang positif kepada perekonomian Indonesia melalui mitra dan UKM yang bergabung ke platform tersebut.

Hal itu sejalan dengan yang terungkap dari hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Dalam riset yang bertajuk “Dampak Gojek Terhadap Perekonomian Indonesia pada Tahun 2018”, diungkapkan bahwa kontribusi mitra Gojek dari empat layanan (Go-Ride, Go-Car, Go-Food, dan Go-Life) kepada perekonomian Indonesia mencapai Rp44,2 triliun.

Jika dirinci, angka kontribusi dari masing-masing layanan yaitu mitra Go-Ride sebesar Rp16,5 triliun, mitra Go-Car sebesar Rp8,5 triliun, mitra UMKM Go-Food sebesar Rp18 triliun, dan mitra Go-Life (Go-Clean dan Go-Massage) sebesar Rp1,2 triliun. Sebelumnya, pada survei yang dilakukan oleh lembaga yang sama di tahun 2017, riset yang hanya berdasarkan kontribusi dari mitra Go-Ride dan Go-food berjumlah sebesar Rp15,1 triliun.

Dr. Paksi C.K. Walandouw selaku Wakil Kepala LD FEB UI, mengatakan, “Kontribusi yang semakin besar dari Gojek menunjukkan bahwa teknologi mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi digital. Gojek sebagai pemain utama industri teknologi di Indonesia telah menunjukkan kemampuan inovasi teknologinya untuk memperluas peluang penghasilan.” Berdasarkan hasil riset tersebut, Paksi juga mengungkapkan bahwa responden yang telah bergabung menjadi mitra Go-Ride memiliki rata-rata penghasilan yang berada di atas UMK (Upah Minimal Kabupaten/ Kota).
Majalah Infokomputer di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI