Tampilkan di aplikasi

Meningkatkan efisiensi perusahaan dengan RPA

Majalah Infokomputer - Edisi 09/2019
30 Agustus 2019

Majalah Infokomputer - Edisi 09/2019

RPA (Robotic Process Automation) merupakan software “robot” yang memiliki kemampuan meniru aktivitas manusia di dalam komputer dengan waktu yang jauh lebih cepat dan akurasi hingga 100%. Lantas, bagaimana cara RPA meningkatkan efisiensi di perusahaan?

Infokomputer
Meningkatkan efisiensi adalah salah satu target yang disasar bisnis dalam transformasi digital di Indonesia. Menurut data IDC Indonesia, RPA menjadi use case transformasi digital yang dieksplorasi banyak perusahaan saat ini. RPA mungkin belum sepopuler software enterprise semacam ERP, CRM, atau BI.

Namun menurut data terbaru Gartner, dengan pertumbuhan pendapatan secara global yang mencapai 63,1% atau US$846 juta pada tahun lalu, RPA adalah software dengan pertumbuhan tercepat pada kategori enterprise software. Tahun ini, Gartner memperkirakan permintaan pasar akan mendorong pendapatan software RPA hingga ke angka US$1,3 miliar.

Sementara menurut IDC APEJ Cognitive/AI Survey pada tahun 2017, antarmuka berbasis AI dan process automation akan menggantikan sepersepuluh aplikasi berbasis layar (screenbased apps), dan lebih dari 50% organisasi mempertimbangkan process automation, dan business intelligence sebagai pemberi manfaat utama bagi bisnis.

Mengapa RPA disukai bisnis? Sjafril Effendi, Presiden Direktur, PT Mitra Integrasi Indonesia menjelaskan, “Manfaat RPA bagi bisnis terutama dalam hal efisiensi perusahaan.
Majalah Infokomputer di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI