Tampilkan di aplikasi

Asah keahlian lewat kursus daring

Majalah Infokomputer - Edisi 11/2019
1 November 2019

Majalah Infokomputer - Edisi 11/2019

Kursus daring menawarkan fleksibilitas bagi siapapun yang ingin meningkatkan kecakapan, termasuk karyawan perusahaan.

Infokomputer
Digitalisasi telah mendisrupsi banyak hal, termasuk mengubah cara belajar. Seperti kehadiran kursus daring massal (Massive Open Online Course) sejak beberapa tahun lalu misalnya. Terbukti, cara tersebut mampu menjawab kebutuhan belajar masyarakat di era digital.

Massive Open Online Course atau MOOC adalah platform yang memungkinkan user mengikuti berbagai macam kursus daring tanpa dibatasi kehadiran fisik. MOOC sendiri merupakan kursus yang menawarkan opsi registrasi terbuka dengan silabus yang lengkap serta dua pilihan kursus yakni gratis dan berbayar.

MOOC, selanjutnya kami sebut sebagai kursus daring, menyediakan berbagai jenis kursus. Kursus tersebut mencakup topik akademik maupun keterampilan untuk pengembangan profesi. Di negara-negara maju, seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Tiongkok, kursus daring semacam ini bahkan telah mengeluarkan sertifikat profesi untuk gelar Diploma, Sarjana, dan Magister.

Pasar Membesar. Saat ini, ada banyak sekali platform dan penyedia kursus daring. Salah satunya adalah Coursera, penyedia kursus daring asal Amerika dan salah satu yang terpopuler di dunia. Di Inggris ada platform bernama FutureLearn. Sementara di Tiongkok terdapat XuetangX.

Laporan dari EdSurge pada tahun 2018 menyebutkan bahwa jumlah pengguna kursus daring terbanyak ada di platform Coursera, disusul oleh XuetangX dan FutureLearn. Sampai dengan pertengahan tahun 2018, Coursera telah memiliki 30 juta pengguna.

Pada waktu yang sama, jumlah pengguna XuetangX sebanyak 9,3 juta dan FutureLearn 7,1 juta. Selain ketiga nama tersebut, masih ada platform MOOC lainnya seperti Udemy, edX, iCourse163, Udacity, dan berbagai platform yang dikembangkan oleh masingmasing negara.
Majalah Infokomputer di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI