Tampilkan di aplikasi

Memetik manfaat dari sahabat berkaki empat

Majalah Intisari - Edisi 674
29 Oktober 2018

Majalah Intisari - Edisi 674

Kuda dan penunggangnya ibarat partner yang harus bekerja sama.

Intisari
"There is something about the outside of a horse that is good for the inside of a man,” kata Winston Churcill, Perdana Menteri Britania Raya pada masa Perang Dunia II. Churcill meyakini, berkuda memiliki manfaat terhadap mental manusia. Sepintas terlihat mudah, namun berkuda sebetulnya perlu berbagai keterampilan yang mumpuni ter kait fi sik dan mental penunggangnya.

Berkuda bukan cuma duduk di atas punggung kuda lalu memberikan sejumlah instruksi seperti jalan, belok, atau berhenti. Prak memetik tiknya, kegiatan ini sangat kompleks, melibatkan koordinasi antara tubuh, pikiran dan emosi penunggangnya.

Kesiapan mental merupakan modal awal dalam berkuda. Penunggang kuda (rider) harus punya keberanian dan ketenangan sekaligus. Berani menghadapi tantangan dan tenang menghadapi persoalan. Pasalnya olahraga ini memiliki risiko tinggi.

Neurogical Focus, sebuah jurnal di Amerika Serikat memuat: berkuda merupakan olahraga yang paling banyak menyebabkan kelumpuhan yang disebabkan benturan pada otak yakni sebesar 45,2%, disusul oleh sepakbola yang hanya 20,2%.

Akan tetapi Anda jangan buruburu merasa ngeri. Instruktur ber- kuda dari Anantya Riding Club, Destriawan Pamungkas, mengatakan aspek mental berkontribusi sekitar 25% mengurangi risiko kecelakaan dalam berkuda.

Selain mental, ketahanan fisik juga harus prima karena penunggangnya harus bergerak sesuai ira- ma kuda yang melibatkan nyaris semua bagian tubuh, terutama kaki, perut, bahu dan tulang belakang.

Dalam buku Body for Life for Women, Dr. Pamela Peeke menjelaskan, satu menit berkuda bisa membakar lima kalori. Selain kesiapan penunggang, berkuda juga butuh keterampilan berkomunikasi dengan kuda. Pasalnya, kuda sama seperti manusia, yakni punya karakter dan temperamen masing-masing.
Majalah Intisari di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI