Tampilkan di aplikasi

Prediksi medsos

Majalah Intisari - Edisi 676
2 Januari 2019

Majalah Intisari - Edisi 676

Penggunaan internet via mobile di Indonesia adalah yang tertinggi ke empat di dunia. / Foto : Shao-Chun Wang_123RF

Intisari
Data WeAreSocial.net dan Hootsuite pada 2017 mengungkapkan bahwa perkembangan penggunaan internet di Indonesia sangat pesat, yakni tumbuh 51% dalam kurun waktu satu tahun. Dengan angka pertumbuhan yang jauh melampaui angka pertumbuhan penggunaan internet di dunia, yaitu 10%, Indonesia menempati urutan ke dua pengguna internet terbesar sejagat.

Lebih dari 69% masyarakat Indonesia mengakses internet dengan menggunakan perangkat mobile mereka. Angka tersebut juga melampaui penggunaan internet via mobile secara global, yakni 50%. Ini menjadi angka tertinggi ke empat di dunia. Kemudian, dari survei globalwebindex diketahui, pada pengguna internet dalam rentang usia 16 – 64 tahun di Indonesia, ada beberapa platform media sosial yang aktif digunakan oleh masyarakat Indo- nesia.

Platform tersebut terbagi dalam dua kategori media sosial, yaitu media jejaring sosial dan messenger. Youtube menempati peringkat pertama dengan persentase penggunaan sebesar 43%, menyusul Facebook (41%) dan WhatsApp (40%). Sedangkan waktu yang dipergunakan orang Indonesia untuk mengkases media sosial rata-rata tiga jam 23 menit sehari.

Cegah dengan edukasi Seperti sisi dua mata uang, populernya media sosial di masyarakat pun memiliki nilai plus dan minus. Salah satu sisi plus adalah banyaknya tali silaturahmi yang terjalin. “Kalau enggak gara-gara ada grup WA, aku gak bakalan ketemu sama teman yang sudah 30 tahun tidak bertemu sejak kami lulus kuliah. Bahkan dari grup WA itu pula aku baru tahu teman saya ada yang sudah meninggal,” cerita seorang teman.
Majalah Intisari di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI