Tampilkan di aplikasi

Eyang Rudy juga seperti kakek-kakek lain

Majalah Intisari - Edisi 686
29 Oktober 2019

Majalah Intisari - Edisi 686

Jantung Bapak menyerah,” ujar Tareq Kemal Habibie, putra bungsu mantan presiden ke-3 Republik Indonesia. / Foto : WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN

Intisari
Jantung Bapak menyerah,” ujar Tareq Kemal Habibie, putra bungsu mantan presiden ke-3 Republik Indonesia, “Karena penuaan, organ-organ tubuh mengalami degradasi, menjadi tak kuat lagi.”

Dalam usia 83 tahun, mantan presiden Habibie akhirnya menghadap Sang Khalik dengan tenang pada 11 September 2019. Kepergian sang teknokrat itu rupanya meninggalkan duka bagi berbagai pihak, tidak hanya keluarga.

Dikelilingi keluarga, teman seperjuangan, memanjatkan doa untuk mengiring kepergiannya. “Dengan rasa cinta itulah Bapak meninggalkan dunia ini,” ungkap Ilham Akbar Habibie, putra sulungnya, saat menyampaikan pidato pada prosesi pemakaman di TMP Kalibata, Jakarta Selatan (12/9).

Terlepas dari semua jabatan politik dan karyanya bagi bangsa Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie atau biasa dikenal sebagai B.J. Habibie, seperti halnya orang tua pada umumnya. Ragam cerita tentang Habibie diungkap dari kenangan mereka yang pernah bersentuhan dengannya.

Sebagai kakek, Habibie atau Eyang Rudy (panggilan akrab dalam keluarga), punya tempat istimewa di hati para cucu. Nadia Habibie, salah satu cucunya, pernah menceritakan hal konyol eyangnya. “Suka banget semprot parfum ke wajahnya,” kenangnya di metrotvnews.

Hal ini rupanya menjadi kebiasaan bagi para lelaki Habibie dalam berpenampilan. “Kalau ada yang sun (cium) saya, saya ingin harum,” kata Nadia menjelaskan alasan eyangnya Saking banyaknya parfum yang dipakai, tidak hanya wangi yang didapat, tetapi juga sampai rasa pahit.

"Tapi kalau Eyang saya pakai parfum, saya tahu berarti dia sehat,” gelak putri sulung Ilham Habibie. Ia menjelaskan, bila keadaan sakit, eyangnya akan lebih banyak tidur. Tetapi jika eyangnya sehat, ia akan menampilkan diri dengan baik, salah satunya ditandai dengan menggunakan parfum
Majalah Intisari di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI