Tampilkan di aplikasi

AI menghadirkan star trek ke dunia nyata

Majalah Intisari - Edisi 688
27 Desember 2019

Majalah Intisari - Edisi 688

AI memudahkan fitur canggih ponsel tak bergantung pada koneksi.

Intisari
Beberapa bulan lalu, koneksi salah satu operator seluler sempat mengalami putus jaringan. Pelanggan pun mengeluh, nama operator itu pun menjadi topik populer di ranah Twitter. Begitulah, layanan internet – terlebih media sosial, sudah seperti menjadi kebutuhan pokok masyarakat digital.

Internet berevolusi, dari penggunaan modem dengan line telepon yang lambat, masuk ke jaringan selular, hingga kabel optik, nirkabel, dan langsung dari satelit. Setiap generasi internet, dari 1G, 2G, 3G, hingga 4G, senantiasa memberikan dampak dan perubahan yang makin cepat dan masif. Mungkin banyak yang ingat saat perusahaan dot.com menggelembung di era-era awal internet, dan dengan cepat gelembung itu pecah.

Sama seperti banyak pihak dari operator dan perusahaan rintisan yang awal-awal menawarkan konsep toko daring. Walau menjadi yang pertama, tetapi mereka tidak bisa bertahan. Penyebabnya karena infrastrukturnya belum siap.

Ketika infrastruktur beralih dari 3G ke 4G, kita melihat perubahan besar terjadi. Pengguna ponsel pintar dan peralatan lain yang bergantung dengan internet menjadi masif. Lahirlah peluangpeluang baru yang mendisrupsi dan mengubah bagaimana kita hidup.

Dulu, sebelum 4G hadir, mana mau orang menjadi tukang ojek atau sopir berbasis aplikasi. Kini, seiring hadirnya 4G dan adopsi masif ponsel pintar, jalanan dipenuhi pengendara motor berjaket dan berhelm hijau, memanggil mobil untuk mobilitas keseharian kita jauh lebih mudah dibanding saat dulu mengontak taksi. Cukup lewat aplikasi.

Tak hanya itu, membeli makanan tidak butuh ekstra waktu khusus untuk keluar. Tinggal pesan lewat aplikasi dan tunggu pesanan mendatangi alamat yang Anda sebutkan. Begitu juga ketika membutuhkan asisten rumah tangga, tukang pijat, hingga mampir ke minimarket.
Majalah Intisari di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI