Tampilkan di aplikasi

Mengatur siasat melawan virus

Majalah Intisari - Edisi 690
5 Maret 2020

Majalah Intisari - Edisi 690

Virus ada ratusan jenis. / Foto : FREEPIK_KJPARGETER

Intisari
Virus ada ratusan jenis. Tidak semua menghadang manusia. Sebagian populasi virus hanya hidup pada hewan selain hanya pada tanaman. Sejumlah virus hewan ada yang dapat menyerang manusia juga. Kita menyebutnya penyakit zoonosis. Habitat virusnya di tubuh hewan, namun bisa juga hidup di tubuh manusia. Virus corona habitatnya di kelelawar, yang bisa menyerang tubuh manusia. Virus dengue menumpang pada nyamuk, lalu menyerang tubuh manusia juga. Kita mengenal virus gila anjing, yang pada tubuh anjing membuat anjingnya sakit, lalu menularkan virusnya kepada manusia dengan cara melalui gigitannya.

Virus polio dengan cara menelannya, virus hepatitis A lewat makananminuman, virus hepatitis tipe lainnya lewat darah dan hubungan seks. Demikian pula cara masuk virus herpes maupun HIV (human immunodeficiency virus). Virus cacar dapat melalui udara selain kontak langsung, sebagaimana umumnya virus flu, virus otak meningitis serta encephalitis. Virus mata conjunctivitis melalui selaput lendir mata, selain beberapa virus di udara yang setiap saat bisa memasuki tubuh lewat selaput lendir hidung dan tenggorokan.

Pintu masuk virus. Semua bibit penyakit yang menyerang manusia, mulai dari bibit penyakit terbesar golongan parasit sampai terkecil berupa virus yang tak kasat mata, punya pintu masuknya masing-masing memasuki tubuh manusia maupun inangnya. Sudah disebut di atas, ada yang lewat udara pernapasan, atau menelannya, lewat selaput lendir rongga dan saluran pernapasan, selaput lendir organ kelamin, atau bisa juga lewat darah, selain kontak langsung orang-ke-orang, serta sentuhan kulit ke kulit.
Majalah Intisari di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI