Tampilkan di aplikasi

Siasat bahagia meski di rumah saja

Majalah Intisari - Edisi 694
30 Juni 2020

Majalah Intisari - Edisi 694

Tidak semua kegiatan harus produktif, leisure time pun penting untuk menjaga kesehatan mental di rumah. / Foto : GAMES_JESHOOTS.COM_PEXELS

Intisari
Ketika restoran-restoran sudah mulai tutup di masa pandemi, Jennifer Lopez praktis tak makan di luar bersama keluarganya. Kendati bosan tak bisa keluar rumah, anak lelaki J-Lo, menghibur diri dengan bermain peran jadi pengantar minuman untuk ayah dan ibunya di halaman belakang rumah.

Maximilian, anak sang aktris, menggerakkan hoverboardnya mendekati sang ayah yang bersantai di dekat kolam renang rumah mereka. Di tangannya ada baki berisi kaleng minuman bersoda dan segelas es, bak pelayan sungguhan. Lepas memberi minum, Max berjoget di atas hoverboard dan menceburkan diri ke kolam. Momen karantina bersama sang anak dibagikan J-Lo di Instagram.

Sementara Max menghibur orang tua dengan tingkah kocaknya, komedian presenter The Tonight Show Jimmy Fallon mengepos videonya menghibur kedua putrinya dengan memainkan lagu cuci tangan karangan sendiri. Lagu ini ia nyanyikan sambil bermain gitar agar Frances dan Winnie, kedua putrinya, semangat setiap cuci tangan dan tidak bosan di rumah.

Seperti keluarga J-Lo dan Jimmy, kian banyak dari kita tetap di rumah saja untuk mengurangi laju penyebaran virus S ARS-Cov-2 alias Korona. Namun kita tahu, di rumah dalam waktu panjang bisa bercabang pada kebosanan. Sementara itu, penelitian menunjukkan, kejenuhan dan rasa kehilangan kebebasan menjadi penyebab utama orang jadi melanggar karantina di rumah.

Di sisi lain, penelitian berjudul Boring Thoughts and Bored Minds: The MAC Model of Boredom and Cognitive Engagement mendapati, orang tidak selalu memilih aktivitas yang baik kala rasa terjebak di rumah menyerang. Karenanya, ketika sudah berusaha menjalankan physical distancing dengan baik, bagaimana kita mengusir rasa jenuh agar pergi?
Majalah Intisari di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI