Tampilkan di aplikasi

Sadarkan anak dari sihir gawai

Majalah Intisari - Edisi 699
14 Desember 2020

Majalah Intisari - Edisi 699

Hanya gawai yang membuat anak mampu melupakan segalanya, bahkan urusan ke toilet. / Foto : JCOMP_ASIAN KIDS PLAYING VR_FREEPIK

Intisari
Anak-anak dan gawai saat ini ibarat dua benda yang diolesi lem karena sulit dipisahkan. Gawai seperti mampu menyihir anak-anak untuk terus menatapnya, tak terusik apa pun, hingga terkadang orangtua harus mati-matian memisahkannya. Namun ketika tiba masanya sekolah daring, anak-anak bisa merasa sangat jenuh di depan layar.

Sama seperti orangtua- orangtua lainnya yang bekerja, saat masih di kantor, Sesilia Niken cuma punya waktu sedikit untuk mengecek kondisi anak-anaknya di rumah. Biasanya jelang sore, ketika ia dan rekan-rekannya berkumpul di pantry untuk sekadar ngopi dan makan camilan, Sesil akan mencari kabar tentang anak-anaknya lewat telepon.

Jika anak-anak kebetulan sedang tidak bisa menjawab, ada Asisten Rumah Tangga yang akan melaporkan kondisi di rumah. Biasanya laporan dari ART, pekerjaan rumah beres, anak-anak juga baik-baik saja. Anak-anak semua di rumah dan hanya asyik dengan ponsel atau gadget yang lain. Kondisi aman sentosa, tak kurang suatu apa. Bagi para orangtua yang bekerja, situasi itu terdengar sangat aman terkendali. Anak-anak terasa sangat kooperatif dengan kesibukan orangtua di kantor yang memang menyita banyak perhatian. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Akan tetapi justru di situlah Sesil merasa ada yang salah. Ia merasa semestinya berperan lebih banyak dalam tahap perkembangan dua anaknya yang masih usia SD. Sadar bahwa masamasa ini tidak akan terulang, ia bertekad untuk berinvestasi dalam hubungan dengan anak-anaknya. Kegelisahan itulah yang akhirnya mendorongnya resign setelah 17 tahun bekerja. Demi anak-anak, ia memilih jadi ibu rumah tangga. Pada minggu pertama Sesil di rumah, ia mengamati pola kegiatan anak-anaknya sehari-hari.
Majalah Intisari di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI