Tampilkan di aplikasi

Pandemi mempercepat revolusi jagad informasi

Majalah Intisari - Edisi 700
18 Januari 2021

Majalah Intisari - Edisi 700

Baru berjalan beberapa bulan, pandemi Covid-19 membuat kita membeku. Hibernasi. Tak banyak yang bisa dilakukan. Namun, revolusi terjadi di dunia informasi. Koneksi virtual menjadi jawaban untuk tetap tersambung satu sama lainnya. / Foto : MAHA SULTHAN DWI INDRA

Intisari
Tahun 2020 sebenarnya tahun saat teknologi baru berkembang cepat. Misalnya saja adopsi jaringan 5G, implementasi AI seperti mobil tanpa pengemudi, atau teknologi ponsel pintar baru.

Akan tetapi ternyata dunia dilanda pandemi Covid-19, sehingga implementasi teknologi baru ini terhambat, terutama dua kuartal pertama. Di sisi lain, pandemi membawa “berkah”- nya sendiri bagi perkembangan teknologi dan perubahan arah, bagaimana manusia belajar dan mengalami langsung apa yang diperlukan untuk teknologi di masa mendatang.

Work from home atau WFH menjadi istilah yang biasa kita kenal sekarang, termasuk PJJ atau pembelajaran jarak jauh. Padahal, sudah bertahun-tahun hal ini didengungkan perusahaanperusahaan teknologi besar seperti Google dan Facebook, bahwa konsep bekerja tidak harus di kantor, tetapi bisa dari rumah atau dari mana saja, selama tersambung dengan internet.

Banyak universitas juga menerima mahasiswa lewat pembelajaran jarak jauh, bahkan beda negara. Sayangnya, konsep tadi tidak pernah booming, sampai saatnya terjadi pandemi yang sama di semua negara dan banyak orang dipaksa bekerja dan belajar dari rumah. Begitu masifnya perubahan ini, membuat kita memiliki data baru, teknologi apa yang dibutuhkan untuk konsep bekerja dan belajar ini bisa berjalan lancar.

Kita menemukan di banyak negara, bahkan negara maju sekalipun, koneksi internet yang memadai, yang menjadi tulang punggung yang penting, dirasakan masih kurang. Sementara di negara kita, koneksi memadai ini bukan hanya dirasakan kurang, tetapi juga terbagi-bagi dengan kualitas yang jomplang.
Majalah Intisari di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI