Tampilkan di aplikasi

International Mask Festival 2021, ketika Panji menyusuri jalur rempah

Majalah Intisari - Edisi 706
13 Juli 2021

Majalah Intisari - Edisi 706

Penampilan Rambat Yulianingsih dari Solo.

Intisari
Cerita Panji mengingatkan Irawati Kusumorasri pada Jalur Rempah Indonesia saat ini. Menurutnya, sebaran kisah Sang Pangeran nyaris sama dengan sebaran Jalur Rempah. Lalu dia tuangkan gagasan itu lewat IMF 2021. Malam itu angka jam menunjukkan pukul 21.00 WIB lebih sedikit. Pendopo Ndalem Purwohamijayan di lingkungan Kasunanan Surakarta, Jawa Tengah, sudah riuh oleh penonton. Laki-laki, perempuan, tua, dan muda; hampir semuanya siap-siap menyorongkan ponsel pintar mereka ke depan, ke arah bagian tengah pendopo. Tentu saja dengan posisi kamera belakang menyala.

“Telah hadir di tengah-tengah kita seorang maestro, penari topeng, dalang wayang kulit purwo, juga sinden, pemain sandiwara tradisi, bahkan pemain teater kontemporer. Kita sambut dengan tepuk tangan yang hangat: Wangi Indriya,” seru Elizabeth Sudira, MC yang sejak pukul 19.00 WIB memandu acara. Tidak ada yang mencolok dari penataan panggung yang adalah bagian tengah pendopo malam itu.

Hanya ada semacam tirai yang dibentangkan di antara dua tiang utama pendopo, meja kecil dengan nampan berisi dupa di atasnya, dan sedikit ornamen. Meski begitu, aura magis tetap terasa begitu kental. Lebih-lebih ketika Sang Maestro memasuki panggung dan bersila di sana. Wajahnya tenang, pandangannya tajam ke depan, dengan pakaian penari khas Indramyu-nya yang meriah.

Suasana seketika hening. Wangi Indriya mulai bangkit dari posisi bersilanya. Lalu menggerakkan tangannya yang mungil. Sangat lentik. Sejurus kemudian, dia membuka benda kecil terbungkus kain putih yang sedari tadi dibawanya. Benar, itu adalah topeng gaya Panji yang akan menjadi pelengkap menarinya. Walau terlihat sederhana, gerakan-gerakan Wangi Indriya sangat anggun.
Majalah Intisari di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI