Tampilkan di aplikasi

Di balik makna relief Cerita Panji

Majalah Intisari - Edisi 706
13 Juli 2021

Majalah Intisari - Edisi 706

Sosok Panji kerap identik menggunakan topi yang sering disebut “tekes”.

Intisari
Cerita Panji adalah sastra asli Indonesia yang mendunia dan menjadi bukti bagian dari kreativitas masyarakat Jawa Timur. Cerita Panji dalam relief adalah bentuk komunikasi kisah-kisah Panji yang menggambarkan pesan kehidupan di dalamnya. Bila membahas Cerita Panji, memang masih banyak yang perlu ditelusuri. Contohnya saja asal-usul Cerita Panji yang masih multitafsir.

Dalam Menelusuri Panji dan Sekartaji, Tradisi Panji dan Proses Transformasinya Pada Masa Kini oleh Lydia Kieven, ada yang menyebutkan cerita ini berasal dari mitologi Suku Dayak di Kalimantan atau dari Jawa. Kemudian ada yang menyebutkan cerita ini sebagai cerminan sejarah yang berkaitan dengan kerajaan dan kehidupan Raja Airlangga, Ken Arok, Raden Wijaya, atau Hayam Wuruk, dan terakhir media religi dan ritual.

Meski multitafsir namun menurut Lydia, semua tafsiran ini memiliki kesamaan yakni bercerita tentang konflik dua kerajaan di masa Kerajaan Kediri yang disimbolkan dengan tokoh Raden Panji atau Inu Kertapati dari Janggala dan tokoh Serkataji atau Candrakirana dari Panjalu (Kediri). Keduanya saling mencintai namun dihadapkan dengan berbagai rintangan sebelum bersatu.

Cerita ini lahir secara anonim namun menjadi perwakilan harapan rakyat pada masa itu agar dua kerajaan yang telah bermusuhan seratus tahun lamanya kembali menyatu Melihat ide cerita yang menyebutkan Kerajaan Kediri, beberapa peneliti mencoba mengkaitkan asal cerita ini dengan penemuan prasasti di masa Kerajaan Kediri yang menuliskan nama atau pemberian gelar “Mapanji” pada kalangan keluarga kerajaan. Contohnya seperti Prasasti Banjaran 957 Saka yang menyebutkan nama raja Sri Mapanji Alanjung Ahyes dan Prasasti Hantang 1057 Saka yang menggunakan nama “Mapanji” maupun “Apanji” raja dan para pejabat Kerajaan Kediri.
Majalah Intisari di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI