Tampilkan di aplikasi

Cinta sejati Raden Panji

Majalah Intisari - Edisi 739
1 April 2024

Majalah Intisari - Edisi 739

Atas nama penyatuan kembali dua kerajaan, maka direncanakan perkawinan politik antara Raden Panji Inukertapati, putra mahkota kerajaan Janggala dengan Dewi Sekartaji, putri mahkota kerajaan Panjalu.

Intisari
Atas nama penyatuan kembali dua kerajaan, maka direncanakan perkawinan politik antara Raden Panji Inukertapati, putra mahkota kerajaan Janggala dengan Dewi Sekartaji, putri mahkota kerajaan Panjalu. Namun sebelum terjadi pernikahan ternyata Raden Panji jatuh cinta kepada seorang gadis bernama Anggraini. Lantaran dianggap sebagai penghalang rencana perjodohan maka Anggraini dibunuh. Jadi siapakah cinta sejati Raden Panji? Anggraini ataukah Sekartaji? Mengapa Anggraini harus mati? Apa salah dia?

Cerita Panji memiliki banyak sekali versi yang tersebar di seluruh Nusantara. Masing-masing versi tidak ada hubungan sama sekali. Polanya selalu sama (mengutip M. Dwi Cahyono): integrasi – disintegrasi – reintegrasi, dan hampir semuanya berakhir di pernikahan atau penyatuan.

Namun untuk menuju ke situ selalu saja ada halangan sehingga memunculkan petualangan, penyamaran, perjuangan, bahkan peperangan. Salah satu versinya adalah Panji Angreni atau Anggraini, yang dalam lakon seni pertunjukan kadang disebut Panji Reni dan Panji Ngreni.

Cerita Panji Anggraini itu sendiri ada beberapa versi. Versi yang populer dikisahkan sebagaimana sudah dimuat dalam buku karya saya sendiri, 101 Cerita Panji berikut ini: Sudah menjadi keputusan bersama sejak jauh-jauh hari, bahwa kakak beradik, Raja Panjalu (Kediri) dan Raja Janggala akan berbesanan dengan menikahkan putra-putri mereka, Dewi Sekartaji dan Raden Inu Kertapati.

Ketika mereka dewasa pun sudah saling tahu bahwa mereka dijodohkan dan masing-masing sudah menganggap sebagai tunangannya. Tetapi dalam perkembangannya ternyata Raden Inu jatuh cinta pada gadis bernama Dewi Angreni, putri Patih Janggala, Kudanawarsa. Tentu saja hal ini membuat gusar Raja Kadiri. Apalagi Raden Inu bertekad menikahi Angreni. Tidak bisa dicegah dengan alasan apapun.
Majalah Intisari di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

INTERAKTIF
Selengkapnya
DARI EDISI INI