Tampilkan di aplikasi

Buku Istana Media hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Andai Bukan Karena Cinta

dan 46 Kisah Inspiratif Dosen Lainnya

1 Pembaca
Rp 90.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 270.000 13%
Rp 78.000 /orang
Rp 234.000

5 Pembaca
Rp 450.000 20%
Rp 72.000 /orang
Rp 360.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Selaksa kisah sedih, kecewa, bahagia, dan haru yang melebur menjadi satu dikemas apik dalam buku karya para dosen Indonesia ini. Menuliskan jejak abdi menjadi salah satu bukti bahwa para cendekia ada dan hidup mendedikasikan dirinya untuk kemajuan bangsa ini. Tidak sekadar datang memperlihatkan rupa, lalu mengajar di kampus, tetapi juga menuliskan kisah yang barangkali akan abadi sepanjang zaman atau sebagai warisan untuk generasi. Tulisan berisi 47 kisah inspiratif ini begitu sarat akan nilai-nilai perjuangan dan spiritual yang pantas diteladani dan inspirasi para pembaca, tidak hanya kalangan akademisi, tetapi juga semua yang ingin mengapresiasi. cinta kita lahir, dengan cinta pula kita hidup, dan demi cinta jua kita meraih masa depan. Andai bukan karena cinta, lantas seperti apa hidup ini? Ya, buku ini layak untuk dijadikan bacaan bermuatan memoar para pendidik dari berbagai pelosok nusantara tercinta. Buku ini benar-benar mampu mengamuk emosi.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Zulkifli Abu / Asdar / Ombi Romli / Dian Yulie Reindrawati / Hery Yanto The / Desi Sommaliagustina / Mochamad Doddy Syahirul Alam / Denok Julianingsih / Abdul Mufid / Fitriah Khoirunnisa / Chery Julida Panjaitan / Ikhsan / Nanda Dwi Astri / Irene Hasian / Retno Anisa Larasati

Penerbit: Istana Media
ISBN: 9786236153086
Terbit: Desember 2020 , 372 Halaman










Ikhtisar

Selaksa kisah sedih, kecewa, bahagia, dan haru yang melebur menjadi satu dikemas apik dalam buku karya para dosen Indonesia ini. Menuliskan jejak abdi menjadi salah satu bukti bahwa para cendekia ada dan hidup mendedikasikan dirinya untuk kemajuan bangsa ini. Tidak sekadar datang memperlihatkan rupa, lalu mengajar di kampus, tetapi juga menuliskan kisah yang barangkali akan abadi sepanjang zaman atau sebagai warisan untuk generasi. Tulisan berisi 47 kisah inspiratif ini begitu sarat akan nilai-nilai perjuangan dan spiritual yang pantas diteladani dan inspirasi para pembaca, tidak hanya kalangan akademisi, tetapi juga semua yang ingin mengapresiasi. cinta kita lahir, dengan cinta pula kita hidup, dan demi cinta jua kita meraih masa depan. Andai bukan karena cinta, lantas seperti apa hidup ini? Ya, buku ini layak untuk dijadikan bacaan bermuatan memoar para pendidik dari berbagai pelosok nusantara tercinta. Buku ini benar-benar mampu mengamuk emosi.

Pendahuluan / Prolog

Sekapur sirih
Syukur Alhamdulillah para penulis ucapkan kepada Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat dan nikmat-Nya tuhan kumpulan tulisan yang berisi curahan hati para dosen ini dapat terbit. Kumpulan tulisan ini cukup lama proses terbitnya, tetapi tidak menyurutkan semangat para penulis untuk menghasilkan karya lainnya. Adapun kumpulan tulisan ini diberi judul Andai Bukan Karena Cinta: dan 46 Kisah Inspiratif Dosen Lainnya. Menjadi seorang dosen tidaklah muda; harus melewati berbagai suka-duka demi mengemban amanah bangsa untuk mencerdaskan anak didik dan tentunya mencari nafkah keluarga.

Buku ini berisi 47 tulisan dosen yang terhimpun dalam Komunitas Dosen Penulis dan Peneliti Indonesia (KODEPENA). KODEPENA merupakan sebuah wadah berbagi dalam kegiatan literasi, pengajaran, penelitian, bahkan kemanusiaan. Buku kumpulan kisah inspiratif ini dikemas dengan bahasa apik, santai, dan komunikatif sehingga para pembaca mudah memahaminya. Selain itu, pembaca seolah-olah merasakan apa yang dirasakan oleh para penulis. Para penulis membawa ke dunia mereka agar setiap pembaca memahami pula bahwa dunia dosen itu tidak selamanya indah atau menyenangkan. Melalui karya fenomenal ini pula para penulis berharap agar para pemangku birokrasi memerhatikan kelayakan atau hidup para dosen yang ada di Indonesia.

Melalui tulisan yang sarat akan perjuangan panjang ini para penulis juga memanifestasikan abdi agar dapat dikenang sepanjang zaman sebab ketika menulis, kita seolah mengukir peradaban. Kelak generasi akan mengenang bahwa kita pernah berkarya. Karya itu berisi aspirasi, curahan, dan inspirasi yang berguna bagi para pembaca seperti bahan untuk berkontemplasi atau mengambil hikmah di balik kisah-kisah yang tersaji.

Akhir kata, demikianlah sekapur sirih mengenai buku kumpulan kisah inspiratif para dosen Indonesia yang mengajar baik di dalam, maupun di luar negeri ini disampaikan. tidak lupa para penulis mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah berkontribusi hingga tercipta dan terbitnya buku bagus ini. Bila ada hal-hal yang menyinggung, para penulis mohon maaf; bila ada manfaat, silakan diambil; bila ada kritik atau saran, silakan disampaikan agar tercipta karya yang lebih bermutu lagi. terima kasih. Salam santun.

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Penulis

Zulkifli Abu - Zulkifli Abu, S.E., M.Si. biasa disapa Zul merupakan anak sulung dari tiga bersaudara. Lahir pada tanggal 28 Juli tahun 1989 di tidore, sebuah pulau dan kota kecil yang terletak di bagian utara Kepulauan Maluku, Provinsi Maluku Utara. Penulis menamatkan SD, SMP, dan SMK di kampung halaman, kemudian melanjutkan studi ke Yogyakarta pada tahun 2007 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Jurusan Akuntansi dan lulus pada tahun 2011. Semasa kuliah S-1, penulis terlibat dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan dan menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Komisariat FEB-UM tahun 2009—2010. Pernah diamanahi sebagai ketua bidang pengkaderan IMM Cabang Kota Yogyakarta tahun 2010—2011. Selain itu, bergelut dengan aktivitas literasi, di antaranya menulis resensi buku dan mengikuti kegiatan kepenulisan.
Asdar - Dr. Asdar, M.Pd. lahir di Macege, sebuah dusun di Kecamatan tanete Riattang, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan pada tanggal 22 September 1970. Dia tammat SDN 24 Macanang Kabupaten Bone pada tahun 1983, SMPN 4 Watampone pada tahun 1986, dan SMAN I Watampone pada tahun 1989. Pada tahun yang sama, dia melanjutkan studi di IKIP Ujung Pandang Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman dan berhasil menyelesaikan studi pada jurusan tersebut dan memperoleh gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.). Dia memulai kariernya sebagai dosen yayasan pada tahun 1995 di Akademi Bahasa Asing (ABA) Atma Jaya Makassar. Pada tahun 1998, dia mengikuti pelatihan PEKERtI yang diselenggarakan oleh Kopertis Wilayah IX Sulawesi. Pada tahun 2002, dia kuliah di StKIP Muhammadiyah Sidenreng Rappang pada Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan berhasil memperoleh gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.) yang kedua kalinya pada tahun 2005. Gelar Magister Pendidikan (M.Pd) dia peroleh di Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia PPs Universitas Negeri Makassar pada tahun 2007.
Ombi Romli - Ombi Romli, S.Pd., S.E., M.M lahir di Pandeglang, 25 Februari 1982. Menyelesaikan Pendidikan S-1 Ekonomi Manajemen SDM di Sekolah tinggi Ilmu Ekonomi Banten tahun 2008, dan tahun 2011 juga menyelesaikan Program S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi pada Sekolah tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (StKIP PGRI SUKABUMI). tahun 2013 menyelesaikan Pendidikan S-2 Manajemen SDM (Sumber Daya Manusia) di Sekolah tinggi Manajemen IMMI Jakarta.
Dian Yulie Reindrawati - Dian Yulie Reindrawati, S.Sos., M.M., Ph.D. lahir di Probolinggo pada tanggal 7 Juli 1976. Penulis adalah staf pengajar, sekaligus Ketua Program Studi Manajemen Perhotelan, Fakultas Vokasi (FV), Universitas Airlangga (Unair), Surabaya. Penulis menyelesaikan Program S-1 pada Program Studi Ilmu Administrasi Negara, FISIP, Unair. Setelah tamat S-1, penulis melanjutkan Program S-2 dan S-3 di bidang pariwisata di universitas yang berbeda, yaitu the University of technology Sidney-Australia untuk program S-2 dan the University of Newcastle, Australia untuk program S-3. Penulis banyak melakukan penelitian dan kajian dalam bidang pariwisata. Beberapa topic penelitian dan karya ilmiah yang pernah dilakukan serta ditulis merupakan kajian pariwisata di Indonesia, khususnya di wilayah Jawa timur. Selain itu, saat ini penulis juga aktif dalam pendidikan vokasi. Penelitian dan kegiatan pengabdian masyarakat bertema vokasi juga menjadi perhatian penulis.
Hery Yanto The - Hery Yanto The, Ph.D. adalah pengajar Bahasa Indonesia, Bisnis Internasional, Manajemen Keuangan, dan Percakapan Bahasa Inggris di Universitas Bahasa Asing Zhejiang Yuexiu di tiongkok. Sebelum menjadi pengajar di Yuexiu, Hery adalah Asisten Pengembangan Penelitian Desain Instruksional di Center for Language and technology, Universitas Hawaii di Manoa, Amerika Serikat. Saat berada di Indonesia, Hery pernah mengajar di StMIK Pontianak, SMA Gembala Baik, SMA Kristen Immanuel, dan SMK Santa Maria.
Desi Sommaliagustina - Desi Sommaliagustina, S.H., M.H. lahir di Sungai Guntung, Indragiri Hilir, Riau, pada tanggal 18 Desember 1987, merupakan dosen di Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Riau.Mendapatkan gelar Magister Hukum dari Universitas Andalas pada tahun 2012. Saat ini tercatat sebagai mahasiswa Program Doktor Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Andalas, Padang, angkatan tahun 2019. Mulai menulis artikel, cerpen, esai, ulasan buku di media massa sejak tahun 2006. Di samping itu, penulis juga melukan penelitian dan mempublikasikan hasil penelitiannya ke sejumlah jurnal ilmiah.
Mochamad Doddy Syahirul Alam - Mochamad Doddy Syahirul Alam, SE., M.Si adalah dosen Jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Palangka Raya. Jabatan terakhirnya adalah Pembantu Dekan I. Sejak tahun 2016 melaksanakan tugas belajar dengan beasiswa BUDI-DN LPDP. Penulis aktif dalam beberapa penelitian dibidang social dan politik. Ada beberapa artikel ilmiah internasional yang sempat penulis publikasikan diantaranya berjudul Patronage Leadership in Decentralized Developing Coutries dan The Implementation of Halal Tourism Indonesia National Park dipublikasikan oleh atlantis-press.com pada tahun 2017.
Denok Julianingsih - Denok Julianingsih, M.Pd. adalah anak terakhir dari lima bersaudara. Denok terlahir di Surabaya pada tanggal 8 Juli 1987. Denok adalah anak dari seorang Bapak yang bekerja sebagai seorang tukang bangunan dengan pendidikan SD yang tidak sampai lulus dan seorang Ibu yang mengenyam bangku sekolah hanya sampai kelas 1 SD. Orang tua yang tidak bersekolah, tidak memupuskan niat seorang Denok untuk bisa mengenyam pendidikan sampai ke perguruan tinggi. Menjadi seorang dosen adalah mimpinya sewaktu masih kuliah S-1. Mimpi itulah yang menjadikan. Denok saat ini bekerja di suatu perguruan tinggi swasta di Surabaya sebagai pengajar di bidang Pendidikan Matematika.
Abdul Mufid - Dr. H. Abdul Mufid, Lc., M.S.I. merupakan dosen di StAI Khozinatul Ulum Blora Jateng. Riwayat pendidikan S-1-nya dimulai dari Jurusan Syariah Islamiyah, Universitas al-Azhar Mesir, lulus tahun 2004; S-2 Jurusan Studi Islam, UIN Walisongo Searang, lulus tahun 2011; dan S-3 Jurusan Studi Islam, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, lulus tahun 2019. Saat ini penulis menetap di Desa Guyangan, Rt 07/RW 01, Kecamatan trangkil, Kabupaten Pati, Jateng. Karya berupa buku: (1) Diam Sejenak, Hikmah Sebuah Kehidupan. terbit tahun 2015. Penerbit Adi Citra Cemerlang Surakarta. ISBN: 978-602-17720-6-5, (2) Bebas Penyakit dengan Ruqyah dari Gangguan Kesehatan hingga Gangguan Jin. terbit tahun 2006. Penerbit Qultummedia Jakarta. ISBN: -(3) Shahih Sunan Abu Daud, Seleksi Hadits Shahih dari Kitab Sunan Abu Daud. Jilid 2. terbit tahun 2006. Penerbit Pustaka Azzam. ISBN: 979-3002-91-3, (4) Metode Yusuf al-Qaradawi (1926 M – 2017 M / 1345 H – 1439 H) dalam Memahami Hadis Rukyat Hilal dan Implikasinya. terbit tahun 2019. tanpa nama penerbit.
Fitriah Khoirunnisa - Fitriah Khoirunnisa, S.Pd., M.Ed. merupakan anak pertama dari pasangan Bapak H. Dulkaim, S.Ag., M.M. dan Ibu Hj. Siti Maisarah. Penulis merupakan seorang tenaga pendidik di Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Kota tanjungpinang pada Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sejak 2013 hingga sekarang. Mengampu mata kuliah Pengantar Ilmu Pendidikan, Dasar-Dasar Pendidikan IPA, Strategi Pembelajaran Kimia, Media Pembelajaran Kimia, Evaluasi Pembelajaran Kimia, dan Metodologi Penelitian Pendidikan Kimia. Lahir di Samarinda, 30 Juli 1989 dan memiliki dua orang saudara, telah menikah pada tahun 2013 dan dikaruniai seorang putra (2014) dan putri (2017). Menempuh pendidikan formal jenjang S-1 sejak tahun 2007 hingga 2011 di Universitas Mulawarman pada Program Studi Pendidikan Kimia sehingga meraih gelar S.Pd., dan pada tahun 2011 melanjutkan pendidikan S-2 di Universiti teknologi Malaysia melalui program Beasiswa Kaltim-Cemerlang (sumber dana dari Pemerintah Provinsi Kalimatan timur) sehingga menyandang gelar Master of Education (M.Ed.) di Program Studi Pendidikan Kimia pada pertengahan tahun 2013.
Chery Julida Panjaitan - Chery Julida Panjaitan, M.Pd. Penulis merupakan salah seorang dosen pengajar di IAIN Langsa, Aceh. Ia telah berkecimpung sebagai dosen sejak 2009. Karya-karyanya berkaitan dengan pendidikan, pengajaran bahasa Indonesia, sastra, dan kebudayaan Indonesia. Ia juga melahirkan beberapa buku antologi fiksi bersama rekan-rekan se-Indonesia. Lebih aktif menulis dan berkarya merupakan harapan terbesarnya setelah menebar ilmu bagi generasi emas Indonesia. Alamat surel chery.julida@gmail.com dapat dilayangkan jika berkomunikasi dengannya. Jayalah Indonesia!
Ikhsan - Ikhsan, S.Kom, M.Kom. Penulis yang sering memakai nama pena RikSjp dalam naskahnaskah fiksinya ini tidak pernah bercita-cita untuk menjadi seorang dosen (dia inginya menjadi seorang penulis), alhamdulillah berkat jadi dosenlah ia wajib menulis (ternyata ada korelasinya). Saat ini penulis mengajar di AMIK Jayanusa. Sudah menulis puluhan cerpen dan puisi yang terbit di berbagai media masa. Menulis puluhan buku baik fiksi (novel, kumpulan cerpen, kumpulan puisi, dkk) maupun non fiksi. Dalam dua tahun ini lebih fokus penulisan bukubuku ajar yang bisa dipakai dan menjadi rujukan bagi mahasiswa. Selalu memotivasi teman-teman sejawatnya untuk terus menulis dengan mendirikan penerbit indie agar bisa men-support kawankawan yang lain untuk menulis. Penulis dapat dihubungi lewat fn di Rik Sjp, atau cek instagramnya di @riksjp.
Nanda Dwi Astri - Nanda Dwi Astri, S.S., S.Pd., M.Si lahir di Medan, tanggal 20 September 1990. Ia mendapatkan gelar Masternya di usia 23 tahun 10 bulan, di Universitas Sumatera Utara-Medan. terlahir dari rahim seorang pendidik, membuatnya mantap menjadi seorang pendidik pula. Kini, ia adalah seorang dosen di Universitas Prima IndonesiaMedan dan mendapatkan sertifikasi dosen sejak tahun 2017 lalu. Ia sudah menikah dan memiliki seorang anak lelaki yang masih balita yang selalu menyemangatinya.
Irene Hasian - Irene Hasian, M.Kom., lahir di tanjung Pinang, 21 Desember 1971, sejak kecil sampai saat ini menetap di Jakarta, dimana menyelesaikan S1 pada Program Studi Manjemen Informatika di Universitas Budi Luhur tahun 1998. tahun 2004 bergabung menjadi dosen di Akademi teknologi Grafika trisakti yang sekarang mejadi Sekolah tinggi Media Komunikasi trisakti, juga mengajar di StMIK Indo Daya Suvana. tahun 2012, memutuskan untuk melanjutkan pascasarjana program studi Ilmu Komputer di Universitas Budi Luhur (2012-2014). Bahan ajar yang dibuat adalah Dasar-dasar Komputer, Komputer Grafis I dan II, teori Warna, Etika Profesi dan Hak Cipta. Sejak tahun 2014, menulis di jurnal magenta StMK trisakti. Menjadi anggota assosiasi AIDIA, APtIKOM dan ADI, pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Akademik di StMK trisakti. Melakukan pengabdian kepada masyarakat : menggambar dan mewarnai di lingkungan tK Islam Arafah dan teknik mencetak di Red Nose, Jakarta Utara.
Retno Anisa Larasati - Retno Anisa Larasati, S.E., S.Pd.I., M.M. lahir di Bandung, tanggal 19 Juni 1992. Menyelesaikan studi S-1 di Universitas Pasundan, Fakultas Ekonomi – Bandung, S-2 di Universitas Pasundan, Jurusan Magister Manajemen-Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia – Bandung. Saat ini sedang menempuh S-3 di Universitas Islam Nusantara (UNINUS) Jurusan Ilmu Pendidikan. Sejak kuliah (S-1) tahun 2010, kegiatan mengajarnya sudah dimulai di Madrasah Aliyah Swasta IMtAQ Cangkuang Kabupaten Bandung tepatnya mengajar mata Pelajaran Ekonomi. Juga menjadi tim peneliti bersama dosen di Prodi Ekonomi Pembangunan UNPAS. Setelah lulus S-1 langsung menjadi Asisten Dosen di StAI YAMISA Soreang dan tahun 2016 setelah lulus S-2 menjadi Dosen tetap Prodi Hukum Ekonomi Syariah di StAI YAMISA Soreang. Jabatannya sekarang menjadi Asisten Ahli. Untuk menunjang profesinya ia aktif menjadi pembicara pada acara IHt (In House Training) dibeberapa Madrasah di Kabupaten Bandung, aktif mengikuti seminar dan pelatihan; baik yang bersifat lokal, regional, nasional, maupun internasional.

Daftar Isi

Sampul
Sekapur Sirih
Daftar Isi
Merawat Nurani
Andai Bukan Karena Cinta
Cerita Seorang Dosen
Membahagiakan vs Menyedihkan
Hanya Ingin Tidak Akan Bisa Menghapus
Dari Sumatera Hingga Papua di Universitas Airlangga Kita Belajar Bersama
Sebuah Pilihan: “Menjadi Dosen yang Baik atau Dosen yang Nakal”
     A. Sebelas Tahun Pengabdian
     B. Konflik Batin: Moral, Etika, dan Kepentingan
     C. Perenungan dalam Masa Tugas Belajar
Pahit, Tetap Manis
Jeritan Dosen Swasta Kampus Rintisan
Lika-Liku Status Dosen Tanpa “Status”
Senyuman Dibalik Tangisannya
Dosen Harus Tetap Belajar Selama Dia Ingin Mengajar
Kejutan: Bismillah dan Alhamdulillah
Belajar dan Terus Belajar
Passion Saya Mengajar!
Perjalanan Panjang Menjadi Pendidik
Setengah Pengabdian
Senjakala Dosen Indonesia pada Era 4.0
     Epilog
Delwawa Make Me Insane
"Doamu Menyertaiku,Bu Jang"
     Banda Aceh, Juli 2007 – Februari 2012
Profesor Kebajikan
Perjuangan Mendapatkan Home Base
'Suka-Suka' sebagai Dosen (Curahan Hati dan Ungkapan Pikiran)
Mengajar: Cinta Pertamaku
Panggilan Hati Seorang Dosen
Episode Kehidupan
Catatan Harian Seorang Dosen
Dosen: Profesi Berkah Harapan Bapak
Individu atau Kelompok?
Semangat Dosen Muda Berjuang
Jalan Panjang nan Indah
Membingkai "Philo-sophia"dalam Perjalanan Seorang Dosen
     Pekanbaru, 24 September 2019
Perjuangan Dosen Pemula di tengah Hedonisme Mahasiswa
Emak-Emak Rempong Itu adalah Seorang Dosen
Mengejar NIDN
Membangun Prodi Sosiologi di Universitas yang Baru Berstatus Negeri
Inilah Duniaku
Lika-Liku Perjalanan Seorang Dosen
     Perjalanan Menjadi Seorang Dosen
Surya Tidak Akan Tenggelam, Nak!
     Prolog
     Sang Surya Tenggelam
     Sang Surya Tidak Akan Tenggelam
     Epilog
Curahan Hati Seorang Dosen (Jomblo)
Perjalanan Berjuang Belajar dan Memenuhi Panggilan Hati Menjadi Pendidik
     Bandara Juanda, Menuju Jakarta on November 2018
Hari-Hari Termenakjubkan
Menjadi Kaprodi Usia 25, Bagaimana Rasanya?
Antara Logistik dan Logika
Life University
Perjuangan Memperolah NIDN
Kesan Menjadi Seorang Dosen
Profil Para Penulis