Tampilkan di aplikasi

Buku Jejak Pustaka hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Perancangan Sistem Akuntansi Pribadi Berbasis Android

1 Pembaca
Rp 53.000 15%
Rp 45.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 135.000 13%
Rp 39.000 /orang
Rp 117.000

5 Pembaca
Rp 225.000 20%
Rp 36.000 /orang
Rp 180.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku ini berisi aplikasi akuntansi pribadi yang dirancang dapat membantu orang pribadi untuk melakukan pengelolaan transaksi pendapatan, biaya, transfer aset, utang, piutang, dan penyesuaian. Buku ini berisi aplikasi akuntansi pribadi yang dirancang dapat membantu orang pribadi untuk melakukan pengelolaan transaksi pendapatan, biaya, transfer aset, utang, piutang, dan penyesuaian. Buku ini berisi aplikasi akuntansi pribadi yang dirancang dapat membantu orang pribadi untuk melakukan pengelolaan transaksi pendapatan, biaya, transfer aset, utang, piutang, dan penyesuaian.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Muhammad Sofyan Indrajaya, SE., M.Acc., CertDA / Edy Anan, SE., M.Ak., Ak., CA., CBV., CertDA.

Penerbit: Jejak Pustaka
ISBN: 9786235287331
Terbit: Februari 2022 , 72 Halaman










Ikhtisar

Buku ini berisi aplikasi akuntansi pribadi yang dirancang dapat membantu orang pribadi untuk melakukan pengelolaan transaksi pendapatan, biaya, transfer aset, utang, piutang, dan penyesuaian. Buku ini berisi aplikasi akuntansi pribadi yang dirancang dapat membantu orang pribadi untuk melakukan pengelolaan transaksi pendapatan, biaya, transfer aset, utang, piutang, dan penyesuaian. Buku ini berisi aplikasi akuntansi pribadi yang dirancang dapat membantu orang pribadi untuk melakukan pengelolaan transaksi pendapatan, biaya, transfer aset, utang, piutang, dan penyesuaian.

Pendahuluan / Prolog

Prakata
Kehadiran buku ini untuk menyajikan suatu rancangan aplikasi akuntansi pribadi guna peningkatan literasi akuntansi orang pribadi. Rancangan aplikasi akuntansi pribadi ini dilengkapi dengan fitur perhitungan pajak bagi orang pribadi.

Metode perancangan aplikasi menggunakan rapid aplication development (RAD). Analisis sistem dilakukan dengan cara telaah literatur dan focus group discussion (FGD). Hasil dari analisis diinterpretasikan dalam bentuk usecase diagram, activity diagram dan sequence diagram untuk dijadikan dasar perancangan aplikasi. Aplikasi yang telah dirancang kemudian diuji dengan usability testing.

Rancangan aplikasi yang dibuat dalam buku ini dapat menunjukkan bahwa metode double entry dan model matematika akuntansi mampu menghasilkan informasi lebih efektif dibandingkan dengan metode single entry. Aplikasi akuntansi pribadi yang dihasilkan dapat meningkatkan literasi akuntansi pengguna.

Hal ini dapat diketahui dari umpan balik pengguna saat dilakukannya usability testing. Sebelum menggunakan aplikasi ini, pengguna belum terlalu memahami literasi akuntansi pribadi. Namun, setelah menggunakan aplikasi ini, pengguna lebih memahami literasi akuntansi pribadi dan mampu membuat laporan keuangan pribadi, seperti laporan pendapatan dan biaya, laporan neraca pribadi, dan laporan aliran dana.

Pada perancangan aplikasi akuntansi pribadi ini menghasilkan penggunaan sistem akuntansi pada proses pencatatan keuangan pribadi. Penggunaan sistem akuntansi dapat meningkatkan akurasi informasi keuangan pribadi, mengefisiensikan proses pencatatan keuangan, serta pembuatan laporan keuangan pribadi.

Buku ini merupakan karya pertama penulis dalam bentuk buku. Ucapan terima kasih khusus kepada orang tua penulis; Bapak Agus Suryono dan Ibunda Siti Rusyuningsih, Bapak Alm A. Manaf dan Ibunda Almh Zainab. Ucapan terimakasih juga untuk rekan-rekan kerja, terutama bapak Heri Soelistio PT MSV Sinema.

Tentu sangat disadari bahwa buku rancangan aplikasi akuntansi pribadi ini masih terdapat kekurangan. Tentu penulis sangat menerima saran dan masukan untuk membantu penyempurnaan buku ini. Semoga buku ini bermanfaat bagi kita semua…. Aamiin.

Sleman, 10 Maret 2021
Penulis,

Edy Anan
Muhammad Sofyan Indrajaya

Penulis

Muhammad Sofyan Indrajaya, SE., M.Acc., CertDA - Muhammad Sofyan Indrajaya, SE., M.Acc., CertDA. adalah Dosen di Universitas AMIKOM Yogyakarta. Saat ini beliau aktif mengajar di kelas Sistem Informasi Akuntansi dan Financial Technology. Beliau memberikan sudut pandang interdisiplin dalam pengajaran Sistem Informasi Akuntansi dengan latar belakang pendidikan magister akuntansi pada sistem informasi.

Beliau memperoleh gelar M.Acc. dari Universitas Gadjah Mada pada tahun 2020.

Selain aktif mengajar, beliau juga menjadi konsultan sistem informasi di beberapa perusahaan. Ketekunan pada bidang sistem informasi akuntansi hingga saat ini membuat beliau menjadi pemegang beberapa hak cipta software akuntansi.

Selain sistem informasi akuntansi, saat ini juga mendalami bidang perpajakan dan menjadi pembicara serta konsultan pajak pada beberapa perusahaan.
Edy Anan, SE., M.Ak., Ak., CA., CBV., CertDA. - Edy Anan, SE., M.Ak., Ak., CA., CBV., CertDA. Lahir di Bengkulu, 10 Oktober 1973. Ia menyelesaikan studi S1 di Jurusan Akuntansi, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Islam Indonesia (FBE UII) tahun 1998, kemudian lulus S2 di Magister Akuntansi, Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) tahun 2011. Menyelesaikan Program Pendidikan Akuntansi (PPAK) Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia tahun 2012.

Memiliki pengalaman mengajar sejak tahun 2002 dan saat ini menjadi Dosen Tetap di Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Sosial, Universitas Amikom Yogyakarta. Selain itu, beliau juga mengajar di Universitas Mahakarya Asia, Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu, dan beberapa perguruan tinggi lainnya.

Beliau pernah menjadi Ketua Program studi STIE BBANK (Universitas Mahakarya Asia – sekarang) tahun 2013 – 2017. Saat ini dipercaya menjadi Direktur Keuangan PT. Mataram Surya Visi Sinema dan menjadi konsultan beberapa perusahaan.

Beberapa organisasi yang diikuti yaitu Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Yogyakarta, Perkumpulan Praktisi dan Profesi Konsultan Pajak Indonesia (P3KPI), dan Perkumpulan Ahli Dosen Republik Indonesia (ADRI). Selain itu, ia menjadi pemegang lebih 8 hak cipta program computer.

Daftar Isi

Sampul Depan
Halaman Judul
Prakata
Daftar Isi
I: Literasi Akuntansi dan Sistem Informasi
II: Senarai Teoritik
III: Perancangan dan Pengujian
VI: Simpulan
Daftar Pustaka
Tentang Penulis
Sampul Belakang