Tampilkan di aplikasi

Pemerintah bantu pemberian makanan sehat untuk daerah 3T

Majalah Jendela - Edisi XVI/10/2017
10 Januari 2018

Majalah Jendela - Edisi XVI/10/2017

Dana yang diberikan digunakan untuk tiga hal, yaitu pembelian bahan makanan/makanan lokal, obat/vitamin bagi peserta didik, dan kebutuhan lainnya.

Jendela
Perkembangan optimal otak manusia terjadi di usia dini. Perkembangan otak dapat optimal apabila anak mendapatkan rangsangan pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, serta perlindungan dan kesejahteraan secara utuh. Gizi telah terbukti merupakan salah satu faktor penting yang berpengaruh dalam pembangunan dan pembentukan kualitas sumber daya manusia.

Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 secara nasional menunjukkan prevalensi balita gizi buruk dan kurang di Indonesia mencapai 19,6 persen. Angka tersebut meningkat dibandingkan dengan data Riskesdas 2010 sebesar 17,9 persen dan Riskesdas 2007 sebesar 18,4 persen. Kondisi ini memprihatinkan. Diperlukan intervensi dari seluruh pihak agar hal ini tidak berkelanjutan.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menyelenggarakan program bantuan pemberian makanan sehat bagi anak-anak usia dini di satuan PAUD. Pemberian makanan sehat ini berbasis makanan lokal yang disesuaikan dengan kebutuhan anak untuk membantu meningkatkan pertumbuhan kesehatan anak usia dini.

Program ini setidaknya memiliki empat tujuan, yaitu meningkatkan kesehatan dan perkembangan kecerdasan peserta didik di satuan PAUD maupun satuan pendidikan nonformal (PNF) yang menyelenggarakan program PAUD, membiasakan anak mengonsumsi makanan sehat dan seimbang, membiasakan anak berperilaku sesuai tata aturan dan norma saat makan, dan meningkatkan pelibatan orangtua serta masyarakat dalam penyiapan makanan sehat bagi anak usia dini.

Bantuan pemberian makan sehat merupakan program stimulan bagi pemerintah daerah dan masyarakat dalam rangka meningkatkan layanan PAUD holistik-integratif serta sebagai inisiasi dan hanya diberikan sekali. Untuk tahun 2017 ini, jumlah satuan PAUD atau satuan PNF yang dibantu sebanyak 100 lembaga.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI