Tampilkan di aplikasi

Kedepankan tugas mengembangkan ekosistem pendidikan karakter disekolah

Majalah Jendela - Edisi VIII/12/2016
12 Januari 2018

Majalah Jendela - Edisi VIII/12/2016

Dalam hal ini, kepala sekolah fokus pada peningkatan kualitas pembelajaran melalui pendidikan karakter.

Jendela
Program penguatan pendidikan karakter mengedepankan fungsi manajemen dan kepemimpinan dari kepala sekolah. Sebagai sosok yang diberi tanggung jawab tersebut, kepala sekolah beralih fungsi dari sebelumnya rangkap tugas sebagai guru yang diberi tugas tambahan kepala sekolah, menjadi murni berperan sebagai manajer.

Tugas penting kepala sekolah dalam perannya sebagai manajer adalah untuk mengembangkan ekosistem pendidikan berkarakter. Untuk itu, kepala sekolah dituntut memiliki kredibilitas dan visi yang sifatnya membangun. Seorang manajer yang kredibel dinilai dari integritas dan kompetensi manajerialnya.

Dalam hal ini, kepala sekolah fokus pada peningkatan kualitas pembelajaran melalui pendidikan karakter. Visi kepala sekolah diarahkan untuk membangun penjenamaan sekolah. Visi ini dilakukan dengan menggali potensi lingkungan sebagai sumber belajar.

Komunikasi dengan berbagai pihak dapat dijadikan metode untuk membuka jalan kepada sumber belajar. Di sinilah kepala sekolah didorong menjadi komunikator andal. Lewat komunikasi, kepala sekolah bekerja membangun kerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan dalam ekosistem pendidikan.

Dengan dunia usaha dan industri misalnya, kerja sama dibangun selain untuk membuka jalan bagi para siswa dalam menggali sumber belajar, juga membuka kesempatan magang di berbagai perusahaan.

Sebagai penanggung jawab langsung penyelenggaraan PPK di sekolah, kepala sekolah berperan untuk mengarahkan pertumbuhan akademik, moral, spiritual, dan sosial peserta didik melalui cara-cara khusus.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI