Tampilkan di aplikasi

Penguatan pendidikan karakter melalui tiga jalur kurikuler

Majalah Jendela - Edisi VIII/12/2016
12 Januari 2018

Majalah Jendela - Edisi VIII/12/2016

Keterkaitan antara apa yang dipelajari dengan apa yang dialami dalam kehidupan sehari-hari akan dapat memfasilitasi siswa dalam proses habituasi terhadap makna dan nilai dari setiap konsep mata pelajaran yang dipelajari oleh siswa.

Jendela
Dari perspektif pedagogis tujuan pendidikan adalah untuk meningkatkan kompetensi siswa sehingga dapat menjadi manusia yang kompeten dan mandiri. Dengan kompetensi dan kemandirian ini maka setiap siswa ketika kelak menjadi dewasa dapat berpartisipasi dalam berbagai bidang kehidupan kemasyarakatan, melalui profesi yang ditekuninya.

Kriteria kompeten dan mandiri berdasarakan pada taksonomi Bloom meliputi tiga ranah yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Ketiga ranah tersebut dapat dicapai melalui tiga jalur kurikuler yang bersifat saling melengkapi antara satu dengan lainnya. Tiga jalur kurikuler yaitu tersebut yaitu intra-kurikuler, ko-kurikuler, dan ekstra-kurikuler.

Penguatan karakter melalui jalur intra-kurikuler berlangsung ketika proses belajar mengajar di kelas berlangsung yakni saat guru sedang menjelaskan salah satu atau lebih dari satu konsep mata pelajaran. Penjelasan terhadap konsep-konsep tersebut tidak hanya pada isinya, tetapi juga meliputi makna yang terkandung dalam konsep-konsep tersebut.

Hal ini didasarkan pada satu asumsi bahwa setiap konsep dari suatu mata pelajaran tidak hanya mempunyai muatan yang dapat untuk menstimulasi daya nalar siswa, tetapi juga mempunyai muatan afektif yang dapat menstimulasi perasaan siswa.

Guru dan siswa cenderung mempunyai pemahaman bahwa konsep dari yang diturunkan dari suatu mata pelajaran hanya ditujukan untuk meningkatkan nalar berfikir siswa. Dari perspektif pedagogis, setiap konsep yang diturunkan dari mata pelajaran mempunyai dua misi, yaitu misi ekslisit dan misi implisit.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI