Tampilkan di aplikasi

Penguatan peran komite sekolah dukung suksesnya gerakan PPK

Majalah Jendela - Edisi VIII/12/2016
12 Januari 2018

Majalah Jendela - Edisi VIII/12/2016

Demikian pula dengan bentuk dan strategi pelaksanaan Gerakan PPK, bahkan pembiayaan Gerakan PPK, perlu ada kesepakatan dari semua pihak terkait.

Jendela
Sekolah dibangun dengan prinsip sebagai rumah kedua bagi peserta didik. Untuk itu, diperlukan rasa aman dan nyaman bagi peserta didik ketika berada di sekolah. Kerja sama dan komunikasi yang baik antara sekolah dan orangtua adalah kunci untuk memberi rasa aman dan nyaman tersebut.

Di sinilah peran komite sekolah terbentuk, yaitu sebagai jembatan komunikasi antara sekolah dan orangtua. Melalui program PPK, fungsi komite sekolah diperkuat. Komite tak hanya berperan sebagai jembatan, tapi juga mediasi, mobilisasi sumberdaya, dan pengawasan. Dengan demikian, komite sekolah direvitalisasi menjadi badan gotong royong sekolah.

Menjadi mediator bagi dua belah pihak yang memiliki kepentingan atas institusi sekolah, badan gotong royong tentunya harus bersikap netral. Badan ini tidak diperkenankan memaksakan persetujuan atas program-program tertentu. Malah sebaliknya, badan gotong royong seyogianya dapat memberikan saran untuk memasukkan program-program yang ditujukan pada pembentukan nilai-nilai dan sikap berkarakter bagi setiap individu yang ada di sekolah.

Dalam menjalankannya perannya sebagai penghubung suara sekolah dan orangtua, badan gotong royong dapat memobilisasi sumber daya yang ada untuk meyakinkan pihak orangtua bahwa setiap program pendidikan yang bermutu dan berkarakter memerlukan adanya dukungan baik secara finansial maupun non-finansial.

Tentu tak lain tujuannya agar program yang telah ditetapkan dapat dilaksanakan sesuai dengan target bersama dan kebermanfaatan semua pihak. Komite sekolah juga berperan mengawasi program-program yang telah ditetapkan sekolah, khususnya terkait dengan PPK.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI