Tampilkan di aplikasi

Kearifan lokal masyarakat Jawa pembentuk generasi emas

Majalah Jendela - Edisi VIII/12/2016
12 Januari 2018

Majalah Jendela - Edisi VIII/12/2016

Masyarakat yang menghargai hak dan kewajiban, masyarakat yang bisa menempatkan segala persoalan pada porsi dan proporsinya.

Jendela
Buku dengan judul “Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah” ini merupakan rangkaian konsep, strategi, dan implementasi pendidikan karakter. Buku ini berisi konsep pendidikan karakter berbasis kearifan lokal dari beberapa pakar sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing.

Untuk memudahkan dalam internalisasi nilai-nilai karakter, penulis mencoba memberikan langkah-langkah implementasi di sekolah. Langkah-langkah ini diharapkan akan memudahkan para guru dalam membuat skenario penyampaian nilai-nilai karakter di kelas. Materi buku ini disusun dari berbagai konsep pendidikan karakter yang didekatkan pada implementasi dalam dunia pendidikan.

Nilai-nilai karakter yang bertebaran di tanah Jawa penulis ramu untuk bisa diwariskan kepada generasi penerus bangsa. Melalui pendidikan karakter diharapkan akan terbentuk generasi pembangunan yang penuh kearifan. Generasi yang tahu apa yang harus diperbuat dan apa yang harus ditinggalkan.

Budaya dan tradisi kemasyarakatan Jawa memberikan banyak inspirasi untuk mengembalikan jati diri bangsa yang sementara ini tercerabut dari akarnya. Pepatah dan petuah Jawa yang penuh nilai filosofis, bisa dijadikan acuan bagaimana menghaluskan budi dan mencerdaskan anak bangsa.

Kehalusan budi dan kecerdasan nalar akan membawa Indonesia menuju masyarakat madani. Masyarakat yang menghargai hak dan kewajiban, masyarakat yang bisa menempatkan segala persoalan pada porsi dan proporsinya.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI