Tampilkan di aplikasi

Pengembangan program studi keahlian di SMK sesuai kegiatan ekonomi utama pada en

Majalah Jendela - Edisi V/09/2016
12 Januari 2018

Majalah Jendela - Edisi V/09/2016

Ada beberapa langkah yang perlu ditempuh dalam pengembangan kompetensi keahlian di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Jendela
Sebagai satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan, SMK memiliki beragam progam studi keahlian. Sayangnya, di sejumlah daerah, program studi keahlian yang dibuka terkadang tidak disesuaikan dengan potensi daerah tempat SMK itu berada. Padahal jika pengembangan program studi keahlian di SMK dilakukan, kegiatan ekonomi utama yang menjadi andalan daerah tersebut dapat tumbuh dengan baik.

Tujuan studi ini yaitu menganalisis program studi keahlian di sekolah menengah kejuruan (SMK) yang perlu diselenggarakan dan menemukan pola pengembangan kompetensi keahlian di tingkat provinsi serta program studi keahlian dan kompetensi keahlian untuk tingkat kabupaten/kota yang sesuai dengan kegiatan ekonomi utama (KEU).

Studi ini menggunakan metode survei dan diskusi. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Pengumpulan data primer yang berupa program studi keahlian untuk pengembangan 20 kegiatan ekonomi utama dilakukan melalui diskusi dengan asosiasi bidang kegiatan ekonomi utama.

Data sekunder berupa program studi keahlian yang diselenggarakan di 13 provinsi sampel dikumpulkan melalui angket terhadap kepala bidang pendidikan menengah dinas pendidikan provinsi. Adapun ketiga belas provinsi sampel tersebut meliputi: Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Maluku.

Berdasarkan analisis diketahui bahwa pola pengembangan program studi keahlian yang sudah dilakukan untuk program studi keahlian di tingkat provinsi dapat diterapkan untuk pengembangan kompetensi keahlian di tingkat provinsi dan pengembangan program studi keahlian dan kompetensi keahlian di tingkat kabupaten/kota.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI