Tampilkan di aplikasi

Beberapa layanan digitalIni bantu sekolah permudah akses pelayanannya

Majalah Jendela - Edisi XIX/12/2017
22 Januari 2018

Majalah Jendela - Edisi XIX/12/2017

Lulusan yang sudah terdaftar dalam laman tersebut dapat memperoleh informasi lebih jelas mengenai lowongan kerja dari perusahaan yang bekerja sama dengan lembaga BKK tersebut.

Jendela
Upaya untuk mempermudah akses layanan dan informasi bagi sekolah terus menerus dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Misalnya, menghubungkan antara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai pencetak pekerja andal dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) sebagai pencari tenaga kerja, melalui laman Bursa Kerja Khusus (BKK).

Ada pula informasi mengenai Program Indonesia Pintar dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang dapat diakses dengan mudah asal tersedia internet. Kemudahan tersebut dilakukan agar sekolah dapat memberi pelayanan terbaik kepada siswa dan orangtua serta masyarakat secara efektif dan efisien.

Bursa Kerja Khusus

Bursa Kerja Khusus (BKK) adalah sebuah lembaga yang dibentuk di SMK Negeri dan Swasta, sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran, hingga penempatan tenaga kerja. BKK juga merupakan mitra dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat.

BKK menjadi lembaga yang berperan mengoptimalkan penyaluran tamatan SMK dan sumber informasi bagi pencari kerja. Dengan kata lain, BKK dibentuk sebagai wadah untuk mempertemukan lulusan SMK dengan pencari tenaga kerja. BKK juga menjadi wadah pelatihan bagi lulusan SMK agar sesuai dengan permintaan pencari tenaga kerja, sekaligus sebagai tempat untuk menanamkan jiwa wirausaha melalui pelatihan-pelatihan.

Melalui laman http://psmk.kemdikbud.go.id/bkk, sekolah dapat mendaftarkan lulusan dan lembaga BKK-nya sehingga menjadi jembatan bagi kalangan DUDI sebagai pencari tenaga kerja. Di laman itu terlihat pula informasi tentang statistik jumlah sekolah BKK, jumlah dunia industri yang telah terdaftar, jumlah pencari kerja, dan jumlah lowongan yang tersedia.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI