Tampilkan di aplikasi

Donasikan bukumu ke daerah terdepan terluar dan tertinggal

Majalah Jendela - Edisi XIX/12/2017
22 Januari 2018

Majalah Jendela - Edisi XIX/12/2017

Setiap tanggal 17 di bulan berjalan, donatur bisa datang langsung ke kantor Pos terdekat untuk mengirimkan buku-buku yang akan didonasikan dengan syarat berat maksimal 10 kilogram.

Jendela
KETERSEDIAAN buku dan harga buku yang relatif mahal menjadi salah satu penyebab rendahnya minat baca di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). Keterlibatan publik sangat diperlukan untuk menumbuhkan minat baca mereka.

Kemendikbud melihat hal ini sebagai peluang untuk menjadikan masyarakat sebagai mitra pemerintah yang berperan aktif dalam gerakan literasi nasional. Layanan digital Donasi Buku dengan alamat http://donasibuku.kemdikbud.go.id diperuntukkan bagi mereka yang ingin mendonasikan bukunya secara daring (online).

Masyarakat bisa mendonasikan buku ke Taman Bacaan Masyarakat (TBM) atau komunitas literasi atau perpusatakaan sekolah di daerah 3T yang mereka ingin tuju melalui laman itu. Melalui fitur profil lengkap tentang TMB atau komunitas literasi atau perpustakaan sekolah di laman tersebut, masyarakat juga bisa mengetahui bahkan bertemu langsung dengan mereka yang akan menerima donasi.

Untuk meringankan beban donatur, Kemendikbud juga telah bekerja sama dengan PT. Pos Indonesia dalam hal pengiriman buku secara gratis. Setiap tanggal 17 di bulan berjalan, donatur bisa datang langsung ke kantor Pos terdekat untuk mengirimkan buku-buku yang akan didonasikan dengan syarat berat maksimal 10 kilogram.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI