Tampilkan di aplikasi

Guru: Pelaku perubahan dan pendidik karakter siswa

Majalah Jendela - Edisi 21/ Maret 2018
10 April 2018

Majalah Jendela - Edisi 21/ Maret 2018

Pendidikan Karakter di Zaman Keblinger: Mengembangkan Visi Guru sebagai Pelaku Perubahan dan Pendidik Karakter.

Jendela
GURU SEBAGAI pelaku perubahan bangsa mempunyai tugas tidak hanya sekadar mengubah perilaku siswa tetapi juga bertanggung jawab atas perubahan karakter siswa dalam kehidupan.

Melalui pendidikan yang diberikan guru akan membentuk siswa yang kreatif sehingga mampu membangun tatanan baru dalam masyarakat berdasarkan nilai-nilai yang berlaku. Guna mewujudkan bangsa yang berkualitas, guru diharapkan dapat membekali peserta didiknya menjadi penerus bangsa ini.

Tentu dengan melahirkan individu-individu yang tidak hanya memiliki kemampuan intelektual, namun juga mampu menghargai kebenaran, keadilan, kesejahteraan, perdamaian dan sikap penuh tanggung jawab guna memasuki era masa depan yang sangat kompetitif dan tiada batas.

Sebuah mimpi besar bangsa ini yang tentu tidak sekadar menjadi wacana belaka, namun kita semua harus mampu untuk mewujudkannya. Buku ini berisikan 13 bab yang membahas mulai dari Perubahan Tatanan Nilai hingga Dilema Moral Profesi Guru serta Revolusi Ujian Nasional.

Buku ini membahas mendalam terkait hakikat kinerja guru, kultur sekolah, dan harapan masyarakat sehingga dapat memengaruhi bagaimana guru menjawab tantangan bagi perubahan bangsa. Selain itu, buku ini memberikan peta dan agenda persoalan bersifat mendasar untuk lebih memperkuat peran dan visi guru dalam pembangunan peradaban.

Buku ini cocok dimanfaatkan oleh guru atau tenaga kependidikan karena diharapkan dengan adanya buku ini dapat membantu guru dalam membentuk karakter peserta didik. Dengan karakter tersebut citacita bangsa dapat terwujud yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa yang mampu menghargai kebenaran, keadilan, kesejahteraan, dan perdamaian.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI