Tampilkan di aplikasi

Mari dampingi anak saat bermasalah di sekolah

Majalah Jendela - Edisi 21/ Maret 2018
10 April 2018

Majalah Jendela - Edisi 21/ Maret 2018

Pelibatan orang tua dalam mendidik anak sangat berpengaruh pada karakter yang terbentuk.

Jendela
Orang tua adalah sekolah bagi anakanaknya. Begitulah istilah yang ada, sebagaimana peranan keluarga dalam melahirkan generasi yang berkarakter baik.

Seperti pada program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), keluarga menjadi salah satu bagian yang utama dalam tripusat pendidikan, karena melalui orang tua, anak mulai belajar dari usia nol bulan. Pelibatan orang tua dalam mendidik anak sangat berpengaruh pada karakter yang terbentuk.

SEBAGAIMANA MANUSIA pada umumnya, sejumlah masalah kerap terjadi dalam kehidupan, termasuk pada diri anak sebagai seorang siswa. Dalam proses belajar di sekolah misalnya, seringkali anak menemukan masalah, baik dengan guru, teman atau warga sekolah lainnya.

Sebagian besar orang tua pernah menerima laporan dari anak atau dilaporkan pihak sekolah tentang masalah yang terjadi dan melibatkan anak, seperti kehilangan pensil, buku, atau masalah yang lebih berat, misalnya anak mencederai teman atau gurunya.

Kehadiran orang tua untuk mendampingi anak saat mendapatkan masalah sangatlah penting. Orang tua dapat mengamati perilaku anak dalam kehidupan sehari-hari, sehingga akan lebih peka terhadap masalah yang sedang dihadapi anak.

Mengutip dari Buku Seri Pendidikan Orang Tua berjudul Mendampingi Anak Ketika Bermasalah, biasanya, anak yang sedang mengalami masalah akan lebih sensitif atau terpancing emosinya, sehingga ia menjadi lebih mudah marah, berbicara kasar, ataupun menangis.

Secara gerak tubuh juga akan mudah terlihat, karena anak akan menghindari kontak mata dengan orang lain, ekspresi wajah anak sering murung, menjadi lebih pendiam dari biasanya, atau bahkan jadi suka menyendiri.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI