Tampilkan di aplikasi

Ibu Kasur pendidik, pemerhati, dan pencipta lagu anak-anak

Majalah Jendela - Edisi 24/ Mei 2018
21 Mei 2018

Majalah Jendela - Edisi 24/ Mei 2018

Nama Ibu Kasur sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Ia adalah salah satu tokoh pendidikan Indonesia sekaligus seniman yang berasal dari Jakarta.

Jendela
Nama Ibu Kasur sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Ia adalah salah satu tokoh pendidikan Indonesia sekaligus seniman yang berasal dari Jakarta. Sejumlah sekolah ia dirikan sebagai bentuk kepeduliannya terhadap pendidikan yang berkualitas bagi anak-anak Indonesia.

Bu Kasur lahir di Batavia pada 16 Januari 1926 dengan nama Sandiah. Ia menamatkan pendidikan di Meer Uirgetreid Lager Onderwijs (MULO) pada akhir tahun 1930-an. Lebih dikenal dengan nama Bu Kasur setelah menikah dengan Pak Kasur yang bernama asli Soerjono. Pasangan suami istri ini merupakan pencipta lagu dan sering tampil di berbagai acara televisi serta radio.

Salah satu langkah karir Bu Kasur adalah membawakan acara Taman Indria di TVRI dan mendirikan serta mengelola TK Mini yang berlokasi di Jakarta pada tahun 1965 yang juga sekaligus rumah tinggal Bu Kasur. Beberapa lulusan TK Mini yang terkenal adalah Presiden Megawati Soekarnoputri, Guruh Soekarnoputra, Hayono Isman, dan Ateng.

Semula TK itu berada di rumahnya di Jln. H. Agus Salim dengan Taman Kanakkanak, Taman Putera, dan Taman Pemuda. Namun, Taman Putera dan Taman Pemuda tidak dikembangkan, bahkan ditutup.

Untuk menampung anak-anak dari berbagai kelompok umur, TK Mini dibagi dalam tiga jenjang yaitu “Parkit” untuk anak usia tiga tahun, “Kutilang” untuk anak empat tahun, dan “Cendrawasih” untuk anak lima tahun.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI