Tampilkan di aplikasi

Festival Fulan Fehan Sabana dengan Seribu Epos

Majalah Jendela - Edisi 26/ Agustus 2018
9 Agustus 2018

Majalah Jendela - Edisi 26/ Agustus 2018

Sebelum tampilan akbar di Lembah Fulan Fehan, diselenggarakan Festival Foho Rai, di lima lokasi kampung adat. / Foto : Direktorat Jenderal Kebudayaan

Jendela
Mengawali platform Indonesiana, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan pemerintah Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar sebuah perayaan budaya bernama Festival Fulan Fehan. Kegiatan ini dimulai pada 3 Juli hingga Oktober 2018 yang diawali dengan Festival Foho Rai 3-16 Juli 2018 di Kabupaten Belu, NTT. Fulan Fehan merupakan hamparan sabana yang menyimpan ribuan epos yang terletak di antara dua negara bersaudara, Indonesia dan Timor Leste.

Seb uah perayaa n budaya di Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur (NTT) bernama Festival Fulan Fehan digelar di lembah di kaki Gunung Lakaan. Lembah itu adalah haribaan bumi terbuka yang asri dan sejuk di Kabupaten Belu, suatu kawasan perbatasan antara Republik Indonesia dan Republik Demokratik Timor Leste. Atambua, ibukota Belu, terletak sekitar 26 kilometer dari Lembah Fulan Fehan yang keras tapi elok itu.

Pada tahun 2018 ini, Festival Fulan Fehan mengangkat khazanah seni yang bermula dari mitos asal usul manusia di kawasan tersebut, yakni “Tari Likurai”. Dalam mitologi masyarakat Belu disebutkan bahwa pada zaman dulu kala, di dunia pada masa itu masih sempit, terjadi pertikaian antara manusia dengan bangsa monyet. Manusia harus berperang dengan bangsa monyet agar bisa bertahan hidup. Tentu, sang manusia berhasil memenangkan perang.

Raja lalu memerintahkan untuk membuat upacara penyambutan bagi para pahlawan perang yang telah mengalahkan bangsa monyet. Atas perintah itu, diciptakanlah “kolo kolo, bui muk” sebagai instrumen tarian. Para wanita menggunakan kolo kolo bui muk sebagai properti tarian.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI