Tampilkan di aplikasi

Guru SMK perfilman: Dengan sinergi, wujudkan lulusan berkualitas

Majalah Jendela - Edisi 30/Desember 2018
14 Februari 2019

Majalah Jendela - Edisi 30/Desember 2018

Peningkatan kompetensi guru SMK Perfilman pun dilakukan Direktorat Pembinaan SMK dengan mencoba memberikan program pemagangan kepada guru SMK di industri perfilman. / Foto : Dok SMK Negeri 3 Batu

Jendela
Peningkatan kompetensi guru menjadi suatu keniscayaan dalam pengembangan SMK Perfilman. Sedikit guru SMK bidang keahlian multimedia maupun broadcasting (penyiaran) yang memiliki latar belakang dan pengalaman di bidang perfilman.

Sinergi antara Kemendikbud melalui unit kerja terkait dengan insan perfilman dibutuhkan untuk mendukung terwujudnya pengajar SMK Perfilman yang berkompeten sekaligus mewujudkan lulusan yang berkualitas. Tiga unit kerja yang bersinergi dalam pengembangan SMK Perfilman tersebut adalah Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm), Direktorat Pembinaan SMK, dan Direktorat Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus.

Guru merupakan agen terdepan dalam peningkatan kualitas pendidikan, tidak terkecuali di bidang perfilman. Satu hal yang istimewa dari SMK adalah, guru dituntut memiliki kompetensi tidak hanya dari segi teori, tetapi juga praktik. Keseimbangan pengetahuan antara teori dengan praktik diperlukan untuk mempersiapkan para siswa agar siap terjun langsung ke dunia kerja. Oleh karena itu, kompetensi guru SMK harus terus menerus ditingkatkan terutama dari sisi praktik.

Untuk meningkatkan kompetensi guru SMK Perfilman dari segi teori maupun praktik, salah satu hal yang dilakukan Pusbangfilm pada tahun ini adalah menyelenggarakan lokakarya (workshop) perfilman bagi guru. Lokakarya bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru SMK di bidang penyiaran dan multimedia.

Bahkan, Kepala Pusbangfilm Maman Wijaya menyatakan, lokakarya perfilman juga diharapkan dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan kompetensi teknis perfilman bagi guru-guru SMK dan sebagai upaya penanaman bibit-bibit perfilman dalam rangka pengembangan perfilman nasional.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI