Tampilkan di aplikasi

Pemahaman kepsek wujudkan keberhasilan implementasi pembelajaran

Majalah Jendela - Edisi 30/Desember 2018
14 Februari 2019

Majalah Jendela - Edisi 30/Desember 2018

Pelaksanaan pendidikan karakter banyak dilakukan dengan cara membudayakan senyum, sapa, salam, sopan (93%).

Jendela
Fungsi dan tujuan pendidikan nasional yaitu untuk mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab (UUSPN, 2003).

Fungsi dan tujuan tersebut merupakan gambaran tentang kualitas manusia Indonesia yang diinginkan oleh pemangku kepentingan dalam bidang pendidikan termasuk oleh setiap satuan pendidikan sehingga merupakan dasar dalam pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa, pendidikan ekonomi kreatif, dan pendidikan kewirausahaan.

Agar lebih tertanam jiwa pada peserta didik, maka proses pelaksanaan pendidikan karakter, pendidikan kewirausahaan, dan ekonomi kreatif perlu dilakukan melalui perencanaan yang baik dan pendekatan pembelajaran yang efektif serta dilakukan secara bersama oleh semua warga sekolah, melalui pengintegrasian dalam mata pelajaran, muatan lokal maupun kegiatankegiatan dalam pengembangan diri (Depdiknas, 2006).

Dengan demikian, dalam waktu yang lama akan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari budaya sekolah. Proses pengembangan nilai-nilai karakter, pendidikan kewirausahaan, dan ekonomi kreatif menghendaki suatu proses yang sistemik dan sistematis.

Sistemik dilakukan secara menyeluruh oleh seluruh jenjang birokrasi yang ada, baik dari tingkat pusat (Kemendikbud), tingkat provinsi, tingkat kabupaten/ kota, maupun sampai ke tingkat satuan pendidikan, sedangkan sistematis dilaksanakan dalam bentuk kegiatan yang terencana dengan baik melalui berbagai komponen yang ada dalam kurikulum satuan pendidikan.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI