Tampilkan di aplikasi

Peran dan dukungan pemda dibutuhkan

Majalah Jendela - Edisi 30/Desember 2018
14 Februari 2019

Majalah Jendela - Edisi 30/Desember 2018

Kemendikbud memberikan kepercayaan kepada SMKN 3 Batu untuk membuka jurusan baru karena berbagai prestasi di bidang perfilman telah diraih sekolah ini.

Jendela
Saat ini terdapat 112 SMK yang memiliki jurusan atau bidang keahlian broadcasting yang bisa dikembangkan menjadi SMK bidang perfilman. Kemendikbud menyiapkan rencana pengembangan kapasitas SMK tersebut agar dapat menjawab tantangan perfilman nasional, khususnya dalam menghadapi era persaingan global.

Hal ini sejalan dengan pengembangan salah satu sektor prioritas pemerintah, yaitu industri kreatif. Karena itu dibutuhkan antusiasme sekolah dan dukungan pemerintah daerah untuk bersinergi mewujudkan visi dan misi pemerintah pusat.

Dua unit sekolah yang sudah menjalankan revitalisasi menjadi SMK Perfilman adalah SMK Negeri 3 Batu di Kota Batu, dan SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen di Kabupaten Malang. Keduanya berlokasi di Provinsi Jawa Timur. Pada September 2018 lalu diluncurkan Pembukaan SMK Perfilman dengan kompetensi keahlian Produksi Film untuk kedua sekolah tersebut. Dengan tambahan jurusan sinematografi atau Produksi Film ini, SMKN 3 Batu memiliki lima jurusan.

Empat jurusan lain yaitu, multimedia, teknik produksi dan penyiaran program pertelevisian (broadcast), animasi, serta teknik komputer dan jaringan. Untuk sementara, jurusan sinematografi hanya dibuka satu kelas dengan kuota 30 siswa.

Kemendikbud memberikan kepercayaan kepada SMKN 3 Batu untuk membuka jurusan baru karena berbagai prestasi di bidang perfilman telah diraih sekolah ini. Pada tahun 2017 lalu, film “Mbois” karya siswa SMKN 3 Batu menjadi juara pembuatan film pendek festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2SN) di Lombok.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI