Tampilkan di aplikasi

Kelas maya lahirkan inovasi

Majalah Jendela - Edisi 29/ Desember 2018
14 Februari 2019

Majalah Jendela - Edisi 29/ Desember 2018

Di era digital ini, proses pembelajaran tidak harus bertatap muka antara peserta didik dan pendidik. / Foto : Dok. Pustekkom

Jendela
Salah satu fitur portal Rumah Belajar (http://belajar.kemdikbud.go.id.) adalah Kelas Maya, yang memberi layanan pendidik dan peserta didik menyelenggarakan kegiatan e-learning atau pembelajaran secara daring (online) kapan saja dan di mana saja. Fitur itu memfasilitasi pembelajaran daring antara pendidik dan peserta didik kapan saja dan di mana saja.

Baik pada saat jam sekolah maupun di luar jam sekolah (sesuai kesepakatan pendidik dan peserta didik), asalkan guru dan siswa memiliki koneksi internet dan perangkat gawai seperti komputer/laptop/notebook. Kelas Maya merupakan sebuah learning management system (LMS) yang dikembangkan oleh Pustekkom, Kemdikbud, untuk pembelajaran melalui tools komunikasi sinkronous (chat, video conference, audio conference, desktop sharing, whiteboard) dan asinkronous (unduh materi dan unggah tugas).

Pembelajaran di fitur ini berpusat pada peserta didik dan menuntut mereka mengambil inisiatif dan aktif, sehingga mengasah keterampilan berpikir dan bertindak dalam mengambil keputusan menentukan pilihan pada sesuatu yang ingin dipelajari.

Melalui Kelas Maya, pendidik dapat mengelola pembelajaran secara mandiri, mulai dari mengunggah bahan belajar, membuat tugas, menyampaikan topik diskusi, mengunggah soal-soal ujian, hingga memberikan penilaian pada tugas maupun forum diskusi.

Pada dasarnya, Kelas Maya merupakan sarana pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan format kegiatan sebagaimana di sekolah, yang dilengkapi dengan fasilitas reminder tugas dan ujian, ujian daring, pengumpulan data daring, dan forum diskusi. Konten seperti modul, soal latihan maupun ujian, serta tugas, semuanya berasal dari pendidik dan peserta didik yang mengikuti Kelas Maya.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI