Tampilkan di aplikasi

Testimoni pendidik: Rumah belajar tingkatkan minat, motivasi, dan kemandirian

Majalah Jendela - Edisi 29/ Desember 2018
14 Februari 2019

Majalah Jendela - Edisi 29/ Desember 2018

Kebedaan Rumah Belajar membawa banyak manfaat. Bukan hanya memudahkan pembelajaran di kelas, melainkan juga menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

Jendela
Sejumlah pendidik di berbagai daerah memberi testemoni perihal pemanfaatan Rumah Belajar sebagai sumber media pembelajaran. Portal tersebut dirasakan sangat membantu pendidik dalam mencari materi pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

Sesi Arlinda, pendidik SMP Negeri 02 Pagar Jati, Bengkulu Tengah, menyatakan bahwa ada peningkatan minat, motivasi, dan kemandirian peserta didik dalam belajar. Hal itu dirasakan setelah ia menggunakan Rumah Belajar sebagai media pembelajaran di kelas. Dia menambahkan, Rumah Belajar sangat membantu pendidik dalam mencari materi pembelajaran.

Begitu pula dengan Dian Susanti, pendidik SMPN 8 Mataram, Nusa Tenggara Barat, memanfaatkan Sumber Belajar sebagai bahan pengayaan materi pelajaran yang telah diajarkan di kelas. Sementara itu, Stela Tololiu, pendidik SMK Negeri Tobongon, Sulawesi Utara, memanfaatkan fitur Laoratorium Maya pada mata pelajaran fisika topik Hukum Hooke pada Gerak Harmonik Sederhana.

Saat penerapan di kelas, sebelum memanfaatkan media yang terdapat di Laboratrium Maya, dirinya meminta peserta didik mengunduh materi di Sumber Belajar sebagai bahan referensi, kemudian mengunduh media di Laboratorium Maya dengan topik Hukum Hooke.

Peserta didik menggunakan lembar kerja yang ada pada Laboratorium Maya kemudian melakukan percobaan sesuai dengan petunjuk. Setelah memperoleh hasil percobaan, peserta didik membandingkan kesesuaian antara konsep yang dipelajari dengan praktiknya di Laboratorium Maya.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI