Tampilkan di aplikasi

Pasanggiri: Upaya kenalkan permainan tradisional pada generasi muda

Majalah Jendela - Edisi 40/Oktober 2019
17 Desember 2019

Majalah Jendela - Edisi 40/Oktober 2019

Permainan tradisional

Jendela
Dalam Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) tahun 2019, pasanggiri permainan tradisional merupakan acara yang menarik perhatian pengunjung. Pasanggiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah sayembara dengan hadiah bagi pemenang terbaik atau yang unggul. Acara pasanggiri ini bukan sekadar perlombaan, namun merupakan upaya memperkenalkan permainan tradisional Indonesia kepada generasi muda.

Pemerintah Tradisional merupakan kekayaan budaya Indonesia yang harus dilestarikan. Melestarikan permainan tradisional bukan sekadar mempelajari nama-nama permainan tradisional dan aturanaturannya, namun lebih jauh dengan memainkannya.

Saat ini popularitas permainan tradisional di kalangan generasi muda, kalah bersaing dengan permainan di gawai telepon pintar ataupun komputer. Memperkenalkan permainan tradisional kepada generasi muda sehingga mereka menyukai dan memainkannya di tengah pesatnya perkembangan permainan modern berbasis gawai, adalah tantangan bersama.

Jika ditinjau dari berbagai aspek, memainkan permainan tradisional seperti benteng, congklak, gobak sodor, dan permainan-permainan lain memiliki banyak manfaat bagi anakanak.

Permainanpermainan tersebut mengajarkan karakter-karakter positif seperti kerja sama, bertanggung jawab terhadap apa yang kita pilih, budaya antre, sportivitas, dan banyak lagi. Selain itu memainkannya juga menyehatkan raga, karena banyak permainan tradisional yang memaksa pemainnya untuk bergerak, melompat, ataupun berlari.

Pasanggiri dalam PKN

Dalam ajang PKN 2019, berbagai pihak diundang untuk berkompetisi memainkan permainan tradisional. Pada hari pertama, Senin para pegawai di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berlomba menjadi yang terbaik. Permainan yang dilombakan meliputi terompah panjang, hadang, lari balok, dan egrang. Selain pertandingan, di lokasi acara juga dipamerkan berbagai permainan tradisional dari daerahdaerah di Indonesia.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI