Tampilkan di aplikasi

Pekan kebudayaan nasional, wujudkan Indonesia bahagia

Majalah Jendela - Edisi 40/Oktober 2019
17 Desember 2019

Majalah Jendela - Edisi 40/Oktober 2019

Pekan Kebudayaan Nasional menjadi implementasi dari salah satu agenda strategi pemajuan kebudayaan, yaitu menyediakan ruang bagi keberagaman ekspresi budaya, serta mendorong interaksi budaya guna memperkuat kebudayaan yang inklusif.

Jendela
Pekan Kebudayaan Nasional menjadi implementasi dari salah satu agenda strategi pemajuan kebudayaan, yaitu menyediakan ruang bagi keberagaman ekspresi budaya, serta mendorong interaksi budaya guna memperkuat kebudayaan yang inklusif. Selama tujuh hari pelaksanaan Pekan Kebudayaan Nasional, setidaknya terdapat 245 kegiatan yang terbagi ke dalam lima jenis aktivitas utama.

Ada lima aktivitas utama yang dapat diikuti dan dinikmati oleh masyarakat secara gratis di Pekan Kebudayaan Nasional (PKN). Pertama, Pasanggiri, yaitu kompetisi permainan rakyat berbasis objek pemajuan kebudayaan.

Permainan yang dilombakan dari tingkat desa hingga pusat adalah gobak sodor, terompah panjang, egrang, dan lari balok.

Selain dikompetisikan, PKN juga menghadirkan Kampung Permainan Rakyat yang sederhana, di mana tidak memerlukan peralatan, fasilitas, atau logistik yang rumit. Kegiatan permainan tradisional ini diharapkan mampu mengasah dan mengembangkan permainan rakyat tersebut, sehingga menjadi lebih menarik dan bisa menjadi perhatian publik untuk pelestariannya.

Kedua, Pameran. Setidaknya terdapat 27 pameran di PKN 2019. Pameran tersebut antara lain Kekayaan Budaya 34 provinsi, Wastra Nusantara, Warisan Budaya Takbenda, Warisan Dunia, Kultur Perkayuan, Capaian Pemajuan Kebudayaan, Desa Percontohan Pemajuan Kebudayaan, dan Seni Rupa.

Ada juga pameran berbagai artefak kebudayaan, purwarupa teknologi pemajuan kebudayaan hasil inovasi dari Kemah Budaya Kaum Muda, serta karya-karya unggulan dari kementerian/ lembaga dan pemerintah daerah yang ditampilkan untuk publik.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI