Tampilkan di aplikasi

PIP bagi anak berkebutuhan khusus

Majalah Jendela - Edisi 44/Juni 2020
26 Agustus 2020

Majalah Jendela - Edisi 44/Juni 2020

Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan salah satu program strategis Pemerintah di sektor Pendidikan.

Jendela
Beberapa kajian sudah dilakukan mengenai efektivitas program tersebut, namun belum banyak yang menyinggung bagaimana PIP melayani anak-anak berkebutuhan khusus (ABK).Anak-anak dengan karakteristik khusus ini memerlukan pelayanan pendidikan yang juga khusus sesuai keterbatasan dan kelebihan mereka. Biaya pendidikan yang dibutuhkan para orang tua ABK juga lebih besar dibandingkan anakanak normal pada umumnya.

Salah satu kajian tentang pelayanan PIP kepada ABK adalah jurnal berjudul “Inklusivitas Program Indonesia Pintar: Studi Kasus Pelaksanaannya bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Lima Daerah”, oleh Irsyad Zamjani pada tahun 2018. Hasil studi tentang layanan PIP bagi ABK ini dimuat dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Volume 4, Nomor 1, Juni 2019.

Kajian tentang pelayanan PIP kepada ABK tersebut meliputi tiga aspek pelayanan yang menjadi fokus, yaitu jangkauan, kemudahan, dan kemanfaatan. Kajian tersebut menggunakan pendekatan kualitatif, yang dipilih untuk menggali lebih dalam pengalaman-pengalaman para penerima manfaat PIP di sejumlah daerah.

Studi kasus penelitian ini dilakukan di lima kabupaten/kota, yaitu Kota Banda Aceh, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Lombok Tengah, Kota Banjarmasin, dan Kabupaten Gowa. Daerah-daerah tersebut dipilih oleh peneliti berdasarkan jumlah keberadaan para ABK penerima PIP terbanyak berdasarkan data Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Dikdasmen Kemendikbud).

Studi yang dilakukan di pertengahan tahun 2018 ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu analisis data sekunder, wawancara, dan diskusi kelompok terpumpun. Analisis data sekunder diambil terutama dari data pokok pendidikan (Dapodik). Analisis ini dilakukan untuk melihat jangkauan PIP terhadap para ABK di sekolahsekolah baik inklusif maupun pendidikan luar biasa (PLB).
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI