Tampilkan di aplikasi

Gotong royong dunia pendidikan hadapi korona

Majalah Jendela - Edisi 45/Juli 2020
26 Agustus 2020

Majalah Jendela - Edisi 45/Juli 2020

Sejak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyerukan pembatasan sosial sebagai langkah pencegahan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia pada 15 Maret 2020, beberapa pemimpin daerah pun mengambil langkah penutupan sekolah dan tempat-tempat umum.

Jendela
Menghadapi situasi darurat ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengambil langkah-langkah untuk memastikan setiap anak didik tidak kehilangan hak pendidikannya. Dengan semangat bergerak, Kemendikbud mengajak semua pemegang kepentingan untuk terus untuk bergotong royong, bekerja sama memastikan pembelajaran tetap berlangsung meskipun peserta didik tidak dapat hadir di sekolah atau kampus.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dalam Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 menyampaikan, pelaksanaan belajar dari rumah selama masa pembatasan sosial diharapkan dapat menjadi pengalaman berharga bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan untuk menuntaskan seluruh capaian kurikulum demi kenaikan kelas maupun kelulusan.

Bukan hanya memastikan pendidikan tetap berjalan, gotong royong menjadi semangat untuk mengambil peran dalam upaya menghadapi dan mengatasi pandemi Covid-19 melalui edukasi, layanan, dan bantuan bidang pendidikan dan kebudayaan.

Bersama Hadapi Korona. Salah satu langkah awal yang dilakukan Kemendikbud adalah dengan menginisiasi berdirinya portal Bersama Hadapi Korona dengan alamat situs bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id pada bulan Maret 2020. Portal ini dibuat dengan tujuan untuk menghimpun berbagai informasi kebijakan, panduan, dan layanan pendidikan dan kebudayaan selama masa pandemi Covid-19. Informasi yang terdapat pada laman pun berkembang seiring adanya kebijakan atau informasi terbaru terkait kondisi terkini penanganan Covid-19.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI