Tampilkan di aplikasi

Kebijakan di masa pandemi, utamakan keselamatan

Majalah Jendela - Edisi 45/Juli 2020
26 Agustus 2020

Majalah Jendela - Edisi 45/Juli 2020

Pendidikan sesungguhnya bukan sekadar kegiatan belajar mengajar.

Jendela
Pendidikan sesungguhnya bukan sekadar kegiatan belajar mengajar. Lebih dari itu, pendidikan merupakan sebuah proses berkelanjutan tentang bagaimana ilmu pengetahun berkembang, ditransfer, dan kemudian dapat dilanjutkan kembali. Dalam perjalanannya, tidak ada yang lebih penting dari keselamatan dan keamanan para pelaku pendidikan. Apalagi di tengah pandemi Covid-19, belajar dari rumah yang menjadi pilihan. Berikut perjalanan kebijakan pendidikan di era pandemi Covid 19.

“Setelah kami pertimbangkan dan diskusikan dengan Bapak Presiden dan juga instansi di luar, kami di Kemendikbud telah memutuskan untuk membatalkan ujian nasional di tahun 2020. Tidak ada yang lebih penting daripada keamanan dan kesehatan siswa dan keluarganya.” Bertambahnya kasus positif Covid-19 di Indonesia pada Maret 2020 mendorong pemerintah mengambil sederet langkah terkait pendidikan.

Salah satu kebijakan penting yang disoroti adalah ketika Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, memutuskan untuk menunda pelaksanaan dan kemudian secara resmi menyampaikan pembatalan Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2019/2020, untuk satuan pendidikan jenjang SMP/sederajat dan SMA/SMK/ sederajat. Ketetapan ini tertuang dalam Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease.

Dalam edaran tersebut dinyatakan bahwa di masa darurat penyebaran Covid-19 kelulusan siswa bisa ditentukan oleh beberapa opsi. Mulai dari mengadakan ujian sekolah (US) dengan tidak mengumpulkan siswa secara fisik, atau bisa juga dilakukan secara daring. Tapi jika sekolah tidak siap mengadakan secara daring, pun US dapat juga dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, dan/atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI