Tampilkan di aplikasi

Laman guru berbagi, belajar dan berbagi dengan mudah tanpa jarak

Majalah Jendela - Edisi 45/Juli 2020
26 Agustus 2020

Majalah Jendela - Edisi 45/Juli 2020

Belajar di manapun dan kapanpun, begitulah istilah yang sering kita dengar.

Jendela
Tak kenal tempat dan waktu, belajar bisa terus dilakukan. Seperti kondisi pandemi Covid-19 saat ini yang tengah melanda Indonesia dan hampir seluruh negara di dunia hingga membuat siswa dan guru di wilayah terdampak harus melakukan kegiatan Belajar dari Rumah (BDR). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menginisiasi salah satu program untuk kemudahan BDR secara daring yang bernama Guru Berbagi.

Laman Guru langkah Kemendikbud dalam mendukung pembelajaran jarak Berbagi menjadi jauh untuk menghadapi situasi darurat Covid-19 saat ini. Program yang diluncurkan pada tanggal 31 Maret 2020 ini hadir sebagai ruang berbagi ide dan praktik baik yang akan menunjang pembelajaran selama belajar dari rumah (learning from home) atau selama masa darurat, baik secara daring, koresponden, ataupun dalam bentuk lainnya dengan berbagi Rancangan Program Pembelajaran (RPP) yang terbaik.

Tiga Fitur dalam Laman Guru Berbagi. Ada tiga fitur utama pada Laman Guru Berbagi, yaitu berbagi RPP, berbagi bacaan, dan berbagi aksi. Berbagi RPP merupakan wadah yang dibuat untuk para guru, komunitas, atau praktisi pendidikan agar dapat berbagi RPP buatannya dengan cara mengunggah ke laman ini. Dengan demikian, seluruh guru di Indonesia bisa melihat dan mengunduh RPP yang ada di Laman Guru Berbagi secara gratis.

Fitur kedua dalam Laman Guru Berbagi adalah berbagi bacaan, yaitu artikel yang berisi referensi tips dan baca terkait pembelajaran jarak jauh. Selain itu, fitur ketiga yang terdapat dalam Laman Guru Berbagi adalah berbagi aksi. Fitur ini berisi informasi seputar jadwal kegiatan sesi berbagi dan belajar bersama secara daring oleh komunitas dan rekan guru sejawat yang ditujukan bagi rekan guru-guru lainnya. Hal ini bertujuan agar dapat meningkatkan kemampuan antar guru saat pembelajaran jarak jauh
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI