Tampilkan di aplikasi

Pertunjukan daring, berkarya dan bahagia walau tetap di rumah

Majalah Jendela - Edisi 45/Juli 2020
26 Agustus 2020

Majalah Jendela - Edisi 45/Juli 2020

Pandemi Covid-19 berdampak ke segala sektor kehidupan di dunia, termasuk Indonesia. Imbauan pemerintah untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah, membuat banyak pihak memutar strategi agar tetap dapat berkarya dalam kondisi yang serba terbatas ini.

Jendela
Tidak hanya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga bidang pendidikan, berupaya tetap memajukan kebudayaan dengan berperan aktif untuk membantu pekerja seni dan budaya yang terdampak pandemi Covid-19. Salah satu wujud nyata yang dilakukan adalah Kemendikbud melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan bekerjasama dengan sejumlah pekerja seni dan budaya, melakukan pertunjukan melalui sistem daring selama masa pandemi Covid-19.

Program yang diberi nama #bahagiadirumah diharapkan selain memberikan kesempatan kepada pekerja seni dan budaya untuk tetap produktif, juga membantu masyarakat umum secara luas belajar banyak tentang kekayaan seni dan budaya negeri sendiri. Para pekerja seni dan pelaku budaya akan melakukan berbagai pertunjukan baik secara tayang langsung maupun tayang tunda dengan menggunakan akun YouTube resmi Ditjen Kebudayaan, “Budaya Saya”, yang menjadi wadah bagi pekerja seni dan budaya untuk berkreatifitas.

Diharapkan dengan adanya wadah kreatif ini, dapat memberikan kesempatan pekerja budaya yang banyak mengalami penundaan pekerjaan karena harus tetap berada di rumah selama masa darurat Covid-19, untuk tetap berkarya, dan tentu saja masyarakat luas juga dapat manfaat dalam mengisi waktu saat tetap di rumah.

Para pekerja seni dan pelaku budaya melakukan pertunjukan dan berbagi pengetahuan mereka dari rumah masing-masing yang dimulai 30 Maret 2020. Dalam mengisi program tersebut, para seniman membuatnya dari rumah masing-masing. Selain pertunjukan dari beragam cabang seni, program ini juga dapat menambah wawasan sebab akan memberikan pembelajaran mengenai banyak cabang seni, seperti master class dari tari, melukis, bermusik hingga memproduksi film.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI