Tampilkan di aplikasi

Asesmen nasional dorong pengembangan daya nalar dan karakter siswa

Majalah Jendela - Edisi 50/Desember 2020
25 Januari 2021

Majalah Jendela - Edisi 50/Desember 2020

Menyiapkan Generasi Bangsa Hadapi Revolusi Industri 4.0 / Foto : Dwi Rahmanto, Dok. Lomba Foto 2020 Kemendikbud

Jendela
Dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, banyak pekerja yang aktivitasnya dapat diotomasi. Revolusi Industri 4.0 berdampak pada disrupsi pekerjaan, di mana proporsi pekerjaan yang dapat diotomasi dengan teknologi semakin meningkat. Namun pekerjaan yang membutuhkan kemampuan bernalar dan interpersonal menjadi jenis pekerjaan yang tidak banyak terdampak otomasi. Asesmen Nasional (AN) mendorong pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan daya nalar dan karakter siswa.

Terjadinya disrupsi pekerjaan dalam Revolusi Industri 4.0 berdampak pada meningkatnya kebutuhan dunia kerja terhadap keterampilan aras tinggi (high-order skills). Dalam kurun hampir setengah abad, yakni 1960-2009, terdapat tren penurunan permintaan tenaga kerja untuk pekerjaan manual dan rutin. Sebaliknya, terjadi peningkatan secara konstan permintaan tenaga kerja untuk pekerjaan nonrutin yang membutuhkan kemampuan interpersonal dan analitis.

Untuk menyiapkan generasi bangsa menghadapi Revolusi Industri 4.0, pemerintah terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan, salah satunya melalui asesmen. Tujuan asesmen pendidikan adalah untuk meningkatkan mutu. Asesmen dilakukan tidak hanya untuk memantau dan mengevaluasi satuan pendidikan. Asesmen bertujuan menghasilkan informasi untuk memperbaiki kualitas belajar mengajar yang kemudian akan meningkatkan hasil belajar siswa, termasuk kemampuan berpikir analitis atau menalar.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI