Tampilkan di aplikasi

Semua guru adalah guru literasi dan numerasi

Majalah Jendela - Edisi 50/Desember 2020
25 Januari 2021

Majalah Jendela - Edisi 50/Desember 2020

Urgensi Kecakapan Literasi dan Numerasi

Jendela
Masyarakat memerlukan kemampuan untuk memahami informasi baik berupa teks maupun angka. Pada era derasnya informasi menghujani kita, kemampuan memilah, menggunakan informasi relevan, serta memverifikasi kebenaran suatu informasi menjadi sangat penting.

Beberapa waktu yang lalu, di media massa muncul banyak tajuk berita yang terkait dengan penipuan, seperti: “Jamaah Umroh Gagal Berangkat Melapor ke Pihak Berwenang”, “Modus Open Trip Super Murah, Uangpun Melayang”, atau “Kasus Investasi Bodong dan Gagal Bayar”. Korbannya berasal dari hampir seluruh lapisan masyarakat, beragam profesi lintas bidang pekerjaan. Tidak pandang bulu. Apa yang diperlukan agar tidak menjadi korban kasus serupa?

Semua Mata Pelajaran. Kemampuan dalam memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu, menjadi sederet kompetensi yang perlu dimiliki masyarakat. Di sinilah peran dari asesmen literasi membaca. Sedangkan asesmen numerasi dilaksanakan untuk mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks.

Informasi berupa teks dan angka dapat kita temukan di berbagai bidang. Oleh karena itu membangun literasi membaca dan numerasi dapat dilakukan di semua bidang, di semua mata pelajaran. Misalnya belajar konsep waktu. Saat pelajaran olahraga, konsep waktu digunakan untuk aturan permainan olahraga. Saat pelajaran ilmu sosial konsep waktu digunakan untuk memahami linimasa. Saat pelajaran IPA konsep waktu digunakan untuk menentukan proses percobaan. Saat pelajaran agama, konsep waktu digunakan untuk mengetahui jadwal ibadah.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI