Tampilkan di aplikasi

Bangkit lewat karya yang membahagiakan dan menggerakkan

Majalah Jendela - Edisi 50/Desember 2020
25 Januari 2021

Majalah Jendela - Edisi 50/Desember 2020

Penghargaan FFI tahun 2020 dapat menjadi penyemangat agar film Indonesia lebih dicintai di rumah sendiri, lebih banyak berkiprah di kancah nasional dan internasional, serta menjadi inspirasi masyarakat dalam menjalani hidup dan mengejar mimpi.

Jendela
Meski berada di tengah pandemi Covid-19, gelaran Festival Film Indonesia (FFI) 2020 menjadi penanda kemajuan budaya. Perkembangan perfilman Indonesia patut dirayakan melalui penghargaan kepada para pembuat dan pekerja film. FFI tahun 2020 menjadi sebuah catatan sejarah karena di saat yang sama, bangsa Indonesia sedang berjuang melewati pandemi Covid-19.

Sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 1955, FFI digagas sebagai barometer perkembangan kualitas perfilman Indonesia. Melalui berbagai penghargaan yang diberikan, publik dan kalangan perfilman sendiri bisa membaca pencapaian terbaik yang dihasilkan pekerja film tanah air selama setahun terakhir. Pergelaran FFI 2020 mencapai puncaknya pada Malam Anugerah Piala Citra.

Setelah melalui berbagai tahapan seleksi dan penjurian, terdapat 21 kategori yang mendapat apresiasi pada penyelenggaraan FFI ke-40 ini. Adapun rangkaian kegiatan ditandai dengan peluncuran pada Minggu (14/6/2020) dalam acara bertajuk “Satu Hari Satu Hal Baik Film Indonesia”. Selanjutnya, agenda FFI lainnya adalah penjurian, malam nominasi, malam penganugerahan, dan pemutaran film. Ada juga inovasi baru pada penyelenggaraan FFI 2020, yaitu akademi film yang sarat unsur pendidikan dan konser musik film.

Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim mengatakan, FFI tahun 2020 dapat menjadi penanda kemajuan budaya di tengah keterbatasan. “Melalui karya-karya yang membahagiakan dan menggerakkan (kita bangkit),” tuturnya dalam sambutan yang disiarkan secara langsung di kanal YouTube FFI dan Kemendikbud RI, Sabtu (5/12).
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI