Tampilkan di aplikasi

Hasilkan rekomendasi agenda dan sikap budaya kenormalan baru

Majalah Jendela - Edisi 50/Desember 2020
25 Januari 2021

Majalah Jendela - Edisi 50/Desember 2020

Parade Maha Karya Topeng Nusantara Tutup PKN 2020 / Foto : pkn.id

Jendela
Parade Maha Karya Topeng Nusantara menjadi penampilan penutup Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2020 secara resmi pada Selasa (1/12/2020). PKN yang mengusung tema “Ruang Bersama Indonesia Bahagia” dan digelar pada tanggal 31 Oktober hingga 30 November 2020 ini menghasilkan sepuluh rekomendasi agenda dan sikap budaya.

Sembilan bidadari elok menari menyambut lahir sepasang anak manusia. Gaun putih mereka yang didesain sedemikian rupa memungkinkan para dara menari ibarat malaikat yang bercengkrama begitu riangnya. Adegan kemudian beralih ke sisi lain kawasan Candi Prambanan, persisnya pada pelataran Candi Brahma. Di sanalah terdapat 50 penari dalam balutan kostum dan topeng bertemakan flora-fauna tengah memeragakan koreografi perlambangan alam semesta.

Demikianlah cuplikan pertunjukkan Parade Maha Karya Topeng Nusantara besutan koreografer Denny Malik yang menjadi sajian penutup rangkaian Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2020. Parade ini merupakan perwujudan 1.000 wajah manusia dengan segala rupa tabiatnya. Pertunjukkan dihadirkan sepanjang hampir 1 jam. Rangkaian PKN 2020 hadir dalam nuansa yang berbeda.

Lewat suguhan virtual berupa video dan kegiatan daring lainnya, PKN 2020 menjadi bukti bahwa para pelaku seni tidak tunduk terhadap pandemi Covid-19. Presiden Joko Widodo dalam pidato penutupan PKN 2020 mengatakan, kesulitan dan tantangan yang dihadapi memacu semua orang untuk berkreasi, terus optimis, terus bergerak maju membangun memori masa depan yang lebih baik.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI