Tampilkan di aplikasi

Shevrolet Colorado ZR2 2017

Majalah JIP - Edisi 176
8 Maret 2017

Majalah JIP - Edisi 176

high performance offroad pick-up sedang menjadi tren yang banyak menyedot perhatian para penggemar 4x4 di Amerika. Melihat kesuksesan Ford F-150 Raptor, tampaknya kubu General Motors tak tinggal diam, dengan meluncurkan new Chevrolet Colorado ZR2 baru-baru ini. Dan persaingan sengit di segmen high performance offroad pick-up pun dimulai. / Foto : Pratomo

JIP
Chevy Colorado ZR2 ini memiliki sederet fitur dan teknologi yang membuatnya pede untuk menantang F-150 Raptor. Sosoknya pun lebih kekar dan lebar, dengan penambahan lebar 3,5 inci dan tinggi dua inci. Sehingga tak hanya membuatnya lebih maskulin, namun juga lebih sakti di medan offroad.

Namun fitur pamungkasnya adalah pada bagian suspensi, dengan menggunakan produk asal Kanada, Multimatic yang sebelumnya menyuplai suspensi untuk Chevrolet Corvette ZR1 generasi terakhir. Namanya Multimatic DSSV, yang merupakan singkatan dari Dynamic Suspensions Spool Valve. Teknologi suspensi terkini yang terkenal lantaran digunakan pada mobil balap F1 tersebut.

Multimatic DSSV sendiri menggunakan sokbreker yang memiliki konstruksi spool valve, yakni sebuah katup yang didesain untuk peredaman optimal (bound dan rebound) saat offroad dan onroad..

Kelebihan Multimatic DSSV ketimbang sokbreker konvensional yang masih menggunakan peredaman two-way, adalah spool valve ini mampu memberikan kemampuan peredaman four-way saat melakukan proses compression dan rebound.

Sehingga, karakter peredaman sokbreker bisa jauh lebih presisi, baik dalam kecepatan tinggi maupun rendah, tanpa mengorbankan kenyamanannya. Setiap sokbreker Multimatic DSSV ini menggunakan sepasang spool valve.

Sebagai informasi, selain Chevrolet Corvette ZR1 dan Colorado ZR2, teknologi suspensi Multimatic DSSV ini juga digunakan pada supercar Aston Martin One 77. General Motors sendiri mengklaim bahwa teknologi Multimatic DSSV ini memberikan handling lebih akurat ketimbang Magnetic Ride Control yang sempat digunakan pada Corvette generasi sebelumnya.

New Chevy Colorado ZR22 akan menggunakan dua pilihan mesin, yakni mesin V6 berkapasitas 3.600 cc bertenaga 301 hp dan torsi 375 Nm serta mesin 4 silinder turbo diesel common-rail Duramax berkapasitas 2.800 cc bertenaga 180 hp dan torsi 500 Nm.

Ban sudah menggunakan Goodyear DuraTrac berukuran 31 inci untuk melapisi velg alloy berukuran 17 inci-nya. =
Majalah JIP di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI