Tampilkan di aplikasi

SUV tercepat saat ini

Majalah JIP - Edisi 176
8 Maret 2017

Majalah JIP - Edisi 176

Dengan paket aerodinamika terbaru dari Toyota, Land Cruiser ini mendapatkan lips spoiler, rear roof spoiler, hingga rear diffuser. Sangat membantu untuk menambah downforce ketika SUV bongsor ini dipacu hingga mencapai 354 km per jam. / Foto : Jip

JIP
Ada lelucon unik ketika membahas tentang Toyota Land Cruiser satu ini di SEMA.

“Lupakan Bentley Bentayga, karena Land Cruiser ini jelas menjadi SUV terkencang saat ini,” sahut beberapa review di kalangan media Amerika. Jangan tertipu tampilan ‘polos’-nya, karena SUV satu ini dibuat untuk satu tujuan, yakni menjadi SUV tercepat di dunia.

Ketika melihat sepintas, memang tidak ada yang spesial pada sosok Toyota Land Cruiser ini.

Bahkan ketika Anda melihat interior sekalipun, hanya akan melihat penambahan roll cage. Bahkan dasbor, setir hingga door trim masih terpasang dengan sempurna. Hanya jok belakang saja yang absen. Jauh dari kesan mobil balap yang terondol dengan kenyamanan seadanya.

Namun ketika berbicara performa, mungkin Toyota Land Cruiser ini akan membuat Anda geleng-geleng kepala. Tujuannya satu, yakni dibuat untuk memecahkan rekor sebagai SUV tercepat didunia! Dan ambisi tersebut bukan sekadar gertak sambal.

Coba lihat pada bagian wajah, Land Cruiser ini terlihat sangar lantaran kehadiran dua lubang besar di bumper depannya. Lubang tersebut bukan untuk menyalurkan angin bagi sistem pendinginan. Karena ketika melihat lebih dekat, ada dua buah turbo yang terpasang di balik lubang besar tersebut.

Dua buah turbocharger ini dipilih untuk meningkatkan tenaga Land Cruiser hingga lebih dari lima kali lipat dari kondisi standarnya. FYI, Land Cruiser dengan mesin 3UR-FE memiliki tenaga 380 hp. Goalnya, Toyota Amerika ingin agar Land Cruiser ini bertenaga hingga 2.000 hp!

Dengan spesifikasi sangar ini, Land Cruiser ini diperkirakan mampu menorehkan kecepatan puncak 220 mil per jam atau 354 km per jam. Namun saat pengetesan, kecepatannya masih dibatasi hingga 160 mil per jam atau 257 km per jam. Dan kami sangat tak sabar menunggu Land Cruiser ini mampu menembus rekor kecepatan tertinggi di dunia. Wow!
Majalah JIP di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI