Tampilkan di aplikasi

Mainan rasa off-road beneran

Majalah JIP - Edisi 178
8 Maret 2017

Majalah JIP - Edisi 178

Awalnya lihat RC (Radio Control) Off-road Scale di Youtube seru juga. Setelah menjajal langsung di event Fun Race B’gundal Scaler pada 22 Januari kemarin, rasanya benar-benar seperti asli. / Foto : Rindra

JIP
Mulai dari teknik bawa kendaraan, pengaruh bobot dan wheelbase di handicap, dan teknik recovery.

Acara yang digelar di trek Ramboe RC Track, berlokasi di Cirendeu, Jakarta Selatan ini, dihadiri 15 peserta RC Scale.

“Peserta sengaja dibatasi, karena batas waktu tempuh setiap peserta dalam satu SS adalah 30 menit.

Kalau terlalu banyak, pasti event tidak akan selesai dalam satu hari,” ucap Teguh selaku Panitia Event.

Kendaraan 4x4 RC ini sudah seperti kendaraan aslinya saat akan off-road berat, alat recovery yang dibawa lengkap seperti winch, ground anchor, strap, sand ladder dan hi-lift jack ini. Harus menaklukan dua SCS, dengan handicap berbeda. SCS pertama handicap lumpur dalam dan batu, sedangkan SCS dua, menaklukan batu dan akar-akar pohon. Melewati gate-gate yang dipasang disetiap handicap.

SCS satu peserta dapat bermain sedikit cepat, karena tidak terlalu banyak titik handicap tricky.

“Lumpurnya dalam dan berat dilalui, harus mengandalkan winch agar bisa maju,” jelas Sugi merangkap peserta sekaligus pembuat trek di event ini. Rata-rata peserta finish dalam 28 menit.

Sedangkan SCS dua penuh dengan handicap tricky dan technical.

“Banyak jalur miring-miring dan dipasang gate, biar bisa lewat harus tahan strap. Belum lagi akarakar yang jepit, tidak bisa ditarik winch, harus pakai recovery sand ladder atau hi-lift jack,” ucap Doni Buwono yang berhasil merebut podium satu.

Uniknya, walaupun ini hanya mainan, atsmosfir off-road seperti asli benar-benar terasa. Semua peserta menghayati permainan ini layaknya saat off-road yang asli.

Buat penggila off-road, RC Scale ini bisa jadi hobi alternatif untuk mengisi waktu luang anda. Menarik bukan? Yuk, bikin RC off-road…
Majalah JIP di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI