Tampilkan di aplikasi

Atribut balap, seragam wajib pembalap

Majalah JIP - Edisi 185
8 September 2017

Majalah JIP - Edisi 185

Selain mempersiapkan mobil untuk kompetisi speed offroad, atribut balap yang menempel di tubuh driver dan navigator juga perlu dipersiapkan.

JIP
Maraknya event kompetisi off-road racing, atau lebih dikenal dengan sebutan speed off-road tidak melulu membicarakan tentang mobil kompetisinya saja. Atribut yang digunakan para pelakunya sebagai syarat utama dan penunjang faktor keselamatan pun tidak bisa dianggap enteng. Racing suit salah satu contohnya, terlepas dari syarat wajib yang tertulis di buku regulasi, konstruksi racing suit yang one piece dan tertutup lebih melindungi tubuh dari benda asing apabila terjadi kecelakaan.

Misal racing suit keluaran brand ternama yang sudah memakai bahan nomex, dipastikan dapat lebih lama menahan suhu panas dari jilatan api apabila terjadi kecelakan sampai terjadi kebakaran. “untuk perlindungan tambahan, akan lebih optimal kalau dikombinasi dengan pakaian dalam yang berbahan nomex, termasuk kaos kaki dan sepatu balapnya” ujar Julian Johan, speed offroader yang seri 3 kemarin sempat jungkir balik dengan Grand Cherokee nya.

Helm Kit, pilihan tipe helm ada yang half face dan full face, yang terpenting adalah pengunci di tali helm harus mempunyai sistem D-Ring. Rata-rata bagi pembesut kendaraan kompetisinya yang tanpa memakai kaca depan, mereka lebih memilih tipe helm full face. Selain lebih aman dari debu, komunikasi antara driver dan navigator tidak terganggu oleh angin.

Racing Suit, banyak pilihan racing suit di pasaran, dari yang bikinan pengrajin lokal hingga racing suit keluaran produk ternama se perti Sparco dan OMP. Ridha Giwangkara malah memilih racing suit yang diperuntukan untuk balap gokart, “lebih tahan air dan gampang dibersihin” ujar pembesut UTV ini. Begitu juga dengan sepatu, disainnya yang tinggi hingga melindungi mata kaki dan sol yang tipis juga banyak pilihan di pasaran.
Majalah JIP di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI