Tampilkan di aplikasi

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2017, Dakar overland

Majalah JIP - Edisi 186
12 Oktober 2017

Majalah JIP - Edisi 186

Pajero Sport Dakar yang memiliki tampilan paling maskulin sekaligus siap diajak berpetualang di alam bebas . Asyiknya lagi, semua aksesorinya dipesan memang bolt-on untuk SUV ter populer di Indonesia ini . / Foto : Bimo

JIP
Mitsubishi Pajero Sport Dakar ini dibangun khusus untuk satu tujuan, yakni sebagai mobil display untuk aksesori 4x4. Ownernya sendiri merupakan salah satu punggawa workshop aksesori 4x4 Banteng Mas yang pastinya sudah paham betul membangun sebuah SUV menjadi lebih gagah dan sakti di medan buruk. “Sejak awal kami bangun memang untuk keperluan display dan showcase aksesori Banteng Mas,” tegas Marwin, salah satu owner Banteng Mas yang terletak di Mega Glodok Kemayoran, Jakarta Pusat.

Lantas kenapa memilih Pajero Sport? Menurut Marwin, aksesori untuk Pajero Sport generasi terbaru ini banyak tersedia buatan Thailand dan Australia. “Kebetulan model Pajero Sport yang ada di Indonesia itu sama dengan versi Thailand dan Australia,” tambahnya. Selain itu, tujuan sebagai display juga sebagai sarana pengetesan aksesori Pajero Sport Dakar sebelum dilempar ke pasar.

Tahap pertama sebelum membangun, Marwin harus terlebih dahulu menentukan aksesori apa saja yang akan dipasang pada tubuh Pajero Sport Dakar. “Kita memang fokus aksesori pada bagian kaki-kaki dan eksterior karena paling mudah untuk membuat tampilan Pajero Sport Dakar menjadi lebih gagah dan lebih sakti di medan offroad ringan,” ujar pria berkaca mata ini.

Pada bagian eksterior, aplikasi front bumper dan rear bar menjadi hal yang paling krusial. Marwin memilih produsen asal Thailand, Offroad X untuk dipasangkan pada SUV bermesin diesel commonrail ini. Alasannya, desain bumper yang ditawarkan Offroad X ini dinilai tak terlalu ekstrim dan terlihat lebih ‘kurus’. Sehingga, tak membuat dimensi panjang dari Pajero Sport Dakar yang jadi terlalu banyak berubah. “Karena banyak masukan dari konsumen saat kalau pakai bullbar, panjang mobil jadi bertambah cukup signifikan. Agak menganggu kalau harus parkir atau bermanuver di tempat sempit,” terangnya.
Majalah JIP di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI