Tampilkan di aplikasi

Buggy custom, Manila madness

Majalah JIP - Edisi 190
12 Februari 2018

Majalah JIP - Edisi 190

Dua buggy race gokil racikan Filipina.

JIP
Ketika dapat kesempatan mengunjungi Manila bersama ProRock Engineering beberapa waktu lalu, JIP dapat cerita singkat bahwa perkembangan kompetisi off-road di Filipina amat tertinggal bila dibandingkan dengan Indonesia, begitu juga mobil off-roadnya.

Setelah Widodo Teguh, punggawa ProRock Engineering, Solo memperlihatkan beberapa foto-foto mobil tubular khas Filipina, JIP jadi penasaran seperti apa bentuk modifikasi mobil off-road yang kebanyakan single seater ini. Bahkan untuk urusan dapur pacu, mesin diesel pun tidak populer seperti di Malaysia.

Virus mesin V8 juga masih belum bisa menjangkiti dunia balap lumpur di negara yang dikenal juga sebagai negara kepulauan ini. Beruntung JIP bisa menjajal dan melihat lebih dekat dua buggy race, sebutan untuk mobil off-road full tubular di Filipina, racikan bengkel AllTraction Performance milik off-roader Noel G Bartolome Jr di daerah Don Raymundo Street, San Agustin Village Talipapa Novaliches Quezon City, Philippines Manila.

Kebetulan lokasi yang dipilih memang Offroad Park yang kerap digunakan komunitas 4x4 di Manila untuk sekedar off-road ringan ataupun kemping saat weekend. Jalur khusus off-road sudah tersedia, cocok untuk merasakan sensasi buggy race made in Philipina ini. Selain bentuknya ada yang menyerupai buggy rock bouncer ala negeri Paman Sam, salah satunya juga ada yang berbahan bakar gas elpiji loh. Yuk kita intip modifikasinya.

Off-roader yang juga penggila Toyota Land Cruiser dan Suzuki Jimny ini memilih desain sangar yang sekilas menyerupai buggy rock bouncer asal Amerika. Tidak hanya sekedar tampang saja, walaupun hanya bermodal mesin 3F lungsuran Toyota Land Cruiser FJ62 karburator, buggy race andalan Noel G Bartolome Jr ini terasa memiliki tenaga beringas karena bobotnya ringan.
Majalah JIP di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI